Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Shopee di Yogyakarta
Abstract
Banyak praktik bisnis yang sudah melakukan peralihan dengan tidak hanya melalui media offline, namun sudah beralih dengan media online. Peralihan bisnis ke media online tentunya menjadikan produk bisnis yang ditawarkan beraneka ragam bahkan tidak hanya produk barang saja melainkan produk jasa atau layanan elektronik pun dihadirkan dan dapat dilihat dengan hadirnya berbagai macam ritel online. Perusahaan ritel online tentu menginginkan agar pelanggan merasa puas dan dapat mendapatkan pelanggan untuk setia terhadap produk dan atau jasa yang ditawarkan agar perusahaan ritel online dapat bertahan pada persaingan bisnis di era saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh kualitas layanan elektronik terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan Shopee di Yogyakarta. Populasi yang digunakan merupakan orang-orang yang pernah melakukan transaksi pembelian menggunakan Shopee di Yogyakarta. Data yang digunakan ialah data primer dengan 166 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Analisisnya menggunakan metode SEM dan diolah menggunakan aplikasi AMOS versi 22.0. Hasil penelitian berhasil dengan menunjukkan bahwa sebelas hipotesis signifikan. Kualitas layanan elektronik dengan dimensi portofolio produk, website, keamanan, pengiriman, dan dukungan, serta kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
Collections
- Management [4527]