Pengaruh Keterlibatan Pelanggan Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi (Study Kasus : UMKM Bakso Di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan pelanggan yang mencakup inovasi proses, inovasi produk terhadap kinerja perusahaan pada UMKM Bakso di Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM Bakso di Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 61 responden dengan proses pengambilan sampel menggunakan metode convenience random sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Structural Equation Modelling dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan keterlibatan pelanggan terhadap kinerja perusahaan dengan koefisien jalur sebesar 0,248 dan probabilitas sebesar 0,045 < 0,05. Hasil tersebut juga berpengaruh positif dan signifikan inovasi proses terhadap kinerja perusahaan dengan koefisien jalur sebesar 0,364 dan probabilitas 0,004 < 0,05. Berpengaruh positif dan signifikan inovasi produk terhadap kinerja perusahaan dengan koefisien jalur 0,403 dan probabilitas 0,003 < 0,05. Berpengaruh positif dan signifikan keterlibatan pelanggan dengan kinerja perusahaan dengan inovasi proses sebagai variabel mediasi dengan koefisien jalur 0,186 dan probabilitas 0,018 < 0,05. Dan hasil terakhir juga berpengaruh positif dan signifikan keterlibatan pelanggan dengan kinerja perusahaan dengan inovasi produk sebagai variabel mediasi dengan koefisien jalur 0,226 dan probabilitas 0,018 < 0,05.
Collections
- Management [4574]