Show simple item record

dc.contributor.advisorTrias Setiawati
dc.contributor.author15213032 Fahlani Nurvita Prihandiko
dc.date.accessioned2021-05-20T03:06:50Z
dc.date.available2021-05-20T03:06:50Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28637
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul Mahasiswi Wirausaha: Ingin Terbang Tinggi Melihat Pelangi dan Menemui Badai Matahari (Studi Kasus Motivasi dan Pernak Pernik dalam Bisnis pada Mahasiswi Wirausaha Prodi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi, pengembangan usaha, penerapan nilai-nilai Islam, hambatan dan dukungan orangtua serta membandingkan motivasi, dan pencapaian omzet usaha mahasiswa berwirausaha pada latar belakang keluarga narasumber yang berbeda, yakni keluarga dengan latar belakang berprofesi sebagai wirausaha dan latar belakang keluarga berprofesi non wirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua narasumber mahasiswa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia yang melakukan peran ganda sebagai mahasiswa dan wirausaha yang masing-masing memiliki latar belakang profesi keluarga yang berbeda. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan uji kredibilitas dan uji transferability. Penelitian ini menemukan beberapa hasil bahwa motivasi mahasiswa berwirausaha adalah mengikuti jejak orangtua, mengembangkan bisnis keluarga, karena hobi, memberi lapangan kerja, dan kebebasan dalam berkerja. Pengembangan usaha yang dilakukan meliputi promosi online, menambah usaha, pelayanan konsumen dan kerja sama. Penerapan nilai Islam meliputi menanamkan saham yang halal, promosi dengan proposisi Islam, jujur bertransaksi pada konsumen. Prestasi masing-masing mahasiswa yang berbeda, yakni mencapai IPK 3.00 dan IPK dibawah 3.00. Hambatan yang muncul yakni konflik peran ganda, keterlambatan barang dan produksi, membolos kuliah, tidak fokus mengerjakan tugas. Dukungan yang didapat dari orangtua berupa nasihat, modal usaha dan pendampingan. Perbedaan motivasi yakni narasumber dengan keluarga berwirausaha cenderung termotivasi karena orangtua dan narasumber dengan keluarga non wirausaha terdorong karena hobi dan ingin mendapatkan penghargaan produk terbaik yang diikuti dengan omzet yang lebih tinggi dari omzet yang didapatkan narasumber dengan keluarga berwirausaha. temuan ini memiliki kesamaan dan perbedaan dengan landasan teori pada penelitian ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDukungan orangtuaen_US
dc.subjectHambatan, Motivasien_US
dc.subjectNilai-nilai Islamen_US
dc.subjectPengembangan usahaen_US
dc.subjectPrestasi Akademiken_US
dc.subjectWirausahaen_US
dc.subjectMahasiswien_US
dc.titleMahasiswi Wirausaha: Ingin Terbang Tinggi Melihat Pelangi dan Menemui Badai Matahari (Studi Kasus Motivasi dan Pernak Pernik dalam Bisnis pada Mahasiswi Wirausaha Prodi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia)en_US
dc.Identifier.NIM15213032


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record