Determinan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Studi pada Program Studi Non-Agama di Perguruan Tinggi Islam
Abstract
Kebutuhan akan pendidikan tinggi semakin meningkat, karena tuntutan dunia kerja
yang membutuhkan keterampilan dan kemampuan profesional yang sesuai dengan kebutuhan
organisasi. Hal tersebut menyebabkan minat masyarakat untuk melanjutkan studi ke jenjang
perguruan tinggi juga semakin meningkat. Meski begitu, ketatnya persaingan antar perguruan
tinggi untuk mendapatkan calon mahasiswa potensial membuat institusi perguruan tinggi harus
bertahan, khususnya untuk Perguruan Tinggi Islam. Oleh karena itu, penting bagi lembaga
pendidikan tinggi untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Beberapa penelitian telah
menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih lembaga
pendidikan yang lebih tinggi, namun penelitian yang berfokus pada perguruan tinggi Islam
masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan
apa saja yang memengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi non-agama di
Perguruan Tinggi Islam. Data penelitian ini didapatkan dengan menyebar kuisioner secara
online kepada 158 responden yang sedang menempuh pendidikan pada program studi nonagama
di tiga Perguruan Tinggi Islam, yaitu Universitas Islam Indonesia, Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Analisis data
menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Terakhir,
penelitian ini juga menawarkan rekomendasi implementasi berdasarkan hasil empiris
penelitian ini untuk menjadi acuan bagi praktisi pemasaran Pendidikan Tinggi Islam di
Indonesia untuk mengembangkan dan merancang strategi pemasaran yang efektif.
Collections
- Master of Management [408]