Peran Media Exposure Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Online Dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media exposure dan kualitas informasi terhadap minat beli online di market place/ e-commerce di Indonesia. Penelitian ini juga menganalisis dampak tidak langsung media exposure dan kualitas informasi terhadap minat beli online melalui kepuasan pengguna sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode structural equation model (SEM). Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuisioner serta analisis data diuji menggunakan AMOS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna internet yang pernah mengakses market place/ e-commerce. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 350 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media exposure dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli online. Kepuasan pengguna sebagai variabel mediasi tidak terbukti memediasi pengaruh antara media exposure dan kualitas informasi terhadap minat beli online, namun kepuasan pengguna memberikan pengaruh langsung terhadap minat beli.
Collections
- Master of Management [408]