Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Kembali E-Commerce Dengan Pendekatan Model Kesuksesan Sistem Informasi
Abstract
Sistem Informasi saat ini sangat penting bagi perusahaa dalam menjalankan
keberlangsungan bisnisnya sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang
semakin pesat. Banyak perusahaan menginvesatasikan modalnya yang besar untuk
sistem informasi agar mereka dapat menjalankan bisnisnya dengan teknologi yang dapat
berpengaruh kedalam kesusksesan bisnisnya. Hubungan dalam menjalankan bisnis
secara gelobal dengan system informasi adalah tidak lepas dari hadirnya teknologi
internet sebagai tren komunikasi didunia internasional yang dapat mengurangi biaya
oprasional dan transaksi bisnis. Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan untuk sarana
perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai e-commerce. Dengan adanya
peningkatan para pengguna e-commerce di Indoensia melatar belakangi munculnya
berbagai perusahaan online shopping untuk memasarkan produk atau jasa secara online.
Dengan adanya e-commerce prusahaan dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga dalam
menjalankan bisnisnya karena dengan menggunakan e-commerce perushaan tidak perlu
membuka toko fisik untuk menjual produknya dan juga dapat mengirimkan informasi,
promosi produk serta berteransaksi dengan konsumen tanpa bertemu langsung. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi niat
menggunakan kembali e-commerce. Sampel yang digunakan pada penleitian ini adalah
sejumlah 240 responden yang merupakan pengguna e-commerce. Teknik analisis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM (Structural Equation Modelling) yang
dioperasikan melalui program AMOS (Analysist of Moment Structure).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan variabel kualitas informasi terhadap persepsi nilai pada pengguna e-commerce,
2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas sistem terhadap persepsi nilai
pada pengguna e-commerce, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas
pelayanan terhadap persepsi nilai pada pengguna e-commerce, 4) terdapat pengaruh
positif dan signifikan variabel kualitas informasi terhadap kepuasan pada pengguna ecommerce,
5) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas sistem terhadap
kepuasan pada pengguna e-commerce, 6) terdapat pengaruh positif dan signifikan
variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pada pengguna e-commerce, 7) tidak
terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel persepsi nilai terhadap kepuasan
pengguna pada e-commerce, 8) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel persepsi
nilai terhadap niat menggunakan kembali e-commerce dan 9) terdapat pengaruh positif
dan signifikan variabel kepuasan terhadap niat menggunakan kembali e-commerce.
Collections
- Management [4527]