FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN DI BPRS (STUDI PADA PT. BPRS FORMES)
Abstract
Persaingan di dunia perbankan sekarang sudah semakin ketat. Hal ini juga
dirasakan oleh dunia perbankan syariah. Pada perbankan syariah khususnya BPRS
tentunya memiliki target untuk meningkatkan perkembangan perusahaannya yaitu
dengan mengukur seberapa besar keputusan nasabahnya. Agar nasabah merasa
puas dan tidak berpindah ke tempat lain, maka perusahaan harus mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah. Keputusan nasabah dapat
dipengaruhi oleh pelayanan, lokasi, promosi, produk, agama, pendidikan, jumlah
modal. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat atau mengetahui seberapa besar
pengaruh faktor pelayanan, faktor lokasi, faktor promosi, faktor produk, faktor
agama, faktor pendidikan, dan faktor jumlah modal terhadap keputusan nasabah
Penelitian ini dilakukan di BPRS Formes Yogyakarta yang populasi
nasabahnya sebanyak 1.140 orang dan setelah menggunakan rumus Slovin maka
didapat sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 92 orang. Kemudian
dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif.
Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji
regresi linear berganda, uji Goodness of Fit melalui koefisien regresi ( R²), uji
simultan (F), dan uji parsial (t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua
variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
keputusan nasabah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa faktor
pelayanan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai t hitung sebesar
2,644 dengan sig. t sebesar 0,010 (p < 0,05), faktor lokasi dengan nilai t hitung
sebesar 2,257 dengan sig. t sebesar 0.027 (p < 0,05), faktor promosi dengan nilai t
hitung sebesar 3,216 dengan sig. t sebesar 0,002 (p < 0,05), faktor produk dengan
nilai t hitung sebesar 2,223 dengan sig. t sebesar 0,029 (p < 0,05), faktor agama
dengan nilai t hitung sebesar 2,198 dengan sig. t sebesar 0,031 (p < 0,05), faktor
pendidikan dengan nilai t hitung sebesar 2,391 dengan sig. t sebesar 0,019 (p <
0,05), faktor jumlah modal dengan nilai t hitung sebesar 5,306 dengan sig. t
sebesar 0,000 (p < 0,05).
Collections
- Islamic Economics [826]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Non Migas Di Indonesia Menggunakan Pendekatan Error Correction Model (Studi Kasus : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Non Migas Di Indonesia Tahun 1986-2018)
HIDAYATUN AFIAH (Universitas Islam Indonesia, 2021-09-26)Indonesia merupakan negara berkembang yang kaya akan sumber daya alam. Adanya potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia dapat menghasilkan keuntungan yang berlimpah serta dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ... -
Persepsi Tenaga Pelaksana Proyek terhadap Faktor-faktor Keterlambatan Proyek dan Faktor Percepatan Jadwal
Ichsan, Mohammad; Bobonaro, Andri (UII Yogyakarta, 2003)Pada pekerjaan proyek yang menggunakan metode crashing atau percepatan dalam pelaksanaannya dimana dalam upaya untuk mengoptimalkan jadwal pelaksanaan proyek dengan memanfaatkan tenggang waktu atau float biasanya terjadi ... -
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA ALIYAH ASSALAFIYYAH MLANGI, SLEMAN, YOGYAKARTA BERDASARKAN TEORI PERILAKU TERENCANA (TPB) “FAKTORS INFLUENCING STUDENTS INTEREST IN ENTREPRENEURSHIP OF ALIYAH ASSALAFIYYAH STUDENTS, MLANGI, SLEMAN, YOGYAKARTA, BASED ON PLANNED BEHAVIOR THEORY (TPB)”
MUKHLIS WINATA, 14423087 (Universitas Islam Indonesia, 2019-09-14)The needs of each individual are getting more increased and various. Each individual has a variety of desires in fulfilling their needs. This then would bring an impact on the process of need fulfilment today and future. ...