Show simple item record

dc.contributor.advisorPuji Hariyanti
dc.contributor.authorHira Hilary Aragon
dc.date.accessioned2021-03-16T02:40:48Z
dc.date.available2021-03-16T02:40:48Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27611
dc.description.abstractHira Hilary Aragon. 13321114. Efektivitas Terpaan Informasi Melalui Media Sosial dan Media Cetak dalam Membangun Citra Kandidat Pilgub Banten dan Membentuk Sikap Politik Masyarakat. Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesiam 2017. Penggunaan media sosial sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan kita, setiap orang menggunakan media sosial untuk mendapatkan sesuatu yang baru, baik pengetahuan. Cara inilah yang sedang gempar dilakukan seseorang mengingat media sosial cukup berperan dalam mengubah pola fikir seseorang. Terlebih lagi, media sosial adalah wadah penyampain pesan komunikasi politik yang tidak berbayar, dan efektif menginggat masyarakat yang semakin banyak sadar kemajuan teknologi. Efektivitas terpaan informasi media sosial dan media cetak dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat adalah bagaimana media menjadi wadah dalam menyampaikan informasi apapun, baik mengenai pesan politik, pesan kampanye, pengenalan calon kandidat, kegiatan kandidat selama kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran media dalam membangun Citra kandidat dan sikap politik masyarakat melalui pesan yang disampaikan media, yang hasilnya masyarakat akan menilai kandidat tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan cara Kuantitatif Eksplanasi, yaitu penelitian yang menjelaskan bagaimana hubungan antara satu variabel yang ada dengan variabel lainnya. Responden yang digunakan sebanyak 200 orang, yang terdiri dari tiga wilayah Banten, yaitu Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Efektivitas Terpaan Informasi Melalui Media, Teori Ekologi Media, Media Massa, Teori Sikap, Citra, Komunikasi Politik dan Teori Propaganda. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh variabel Efektivitas Terpaan Informasi (X) yang memiliki pengaruh kontribusi sebesar 25,8% dengan Variabel Citra Kandidat (Y1), dan juga pada variabel Efektivitas Terpaan Informasi (X) yang memiliki pengaruh kontribusi sebesar 24,8% dengan Variabel Sikap Politik (Y2). Hasil penelitian ini relavan dengan teori sikap, yaitu kecendrungan bertindak, berpersepsi, berpikir terhadap suatu objek. Dan mengenai Citra yaitu suatu bentuk dari penilaian orang terhadap sesuatu, baik buruknya terdapat bagaimana orang mengemas pesan agar mampu membentuk pemikiran orang lain yang menerima pesan tersebuten_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectMedia Sosialen_US
dc.subjectMedia Cetaken_US
dc.subjectCitraen_US
dc.subjectSikap Politiken_US
dc.titleEFEKTIVITAS TERPAAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN MEDIA CETAK DALAM MEMBANGUN CITRA KANDIDAT PILGUB BANTEN DAN MEMBENTUK SIKAP POLITIK MASYARAKATen_US
dc.Identifier.NIM13321114


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record