EFEKTIVITAS TERPAAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN MEDIA CETAK DALAM MEMBANGUN CITRA KANDIDAT PILGUB BANTEN DAN MEMBENTUK SIKAP POLITIK MASYARAKAT
Abstract
Hira Hilary Aragon. 13321114. Efektivitas Terpaan Informasi Melalui
Media Sosial dan Media Cetak dalam Membangun Citra Kandidat Pilgub
Banten dan Membentuk Sikap Politik Masyarakat. Skripsi Sarjana.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial
Budaya, Universitas Islam Indonesiam 2017.
Penggunaan media sosial sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari
kehidupan kita, setiap orang menggunakan media sosial untuk mendapatkan
sesuatu yang baru, baik pengetahuan. Cara inilah yang sedang gempar dilakukan
seseorang mengingat media sosial cukup berperan dalam mengubah pola fikir
seseorang. Terlebih lagi, media sosial adalah wadah penyampain pesan
komunikasi politik yang tidak berbayar, dan efektif menginggat masyarakat yang
semakin banyak sadar kemajuan teknologi. Efektivitas terpaan informasi media
sosial dan media cetak dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat adalah
bagaimana media menjadi wadah dalam menyampaikan informasi apapun, baik
mengenai pesan politik, pesan kampanye, pengenalan calon kandidat, kegiatan
kandidat selama kampanye.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran media
dalam membangun Citra kandidat dan sikap politik masyarakat melalui pesan
yang disampaikan media, yang hasilnya masyarakat akan menilai kandidat
tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif
dengan cara Kuantitatif Eksplanasi, yaitu penelitian yang menjelaskan bagaimana
hubungan antara satu variabel yang ada dengan variabel lainnya. Responden
yang digunakan sebanyak 200 orang, yang terdiri dari tiga wilayah Banten, yaitu
Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Efektivitas Terpaan Informasi Melalui Media, Teori Ekologi
Media, Media Massa, Teori Sikap, Citra, Komunikasi Politik dan Teori
Propaganda.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh variabel Efektivitas
Terpaan Informasi (X) yang memiliki pengaruh kontribusi sebesar 25,8% dengan
Variabel Citra Kandidat (Y1), dan juga pada variabel Efektivitas Terpaan
Informasi (X) yang memiliki pengaruh kontribusi sebesar 24,8% dengan
Variabel Sikap Politik (Y2). Hasil penelitian ini relavan dengan teori sikap, yaitu
kecendrungan bertindak, berpersepsi, berpikir terhadap suatu objek. Dan
mengenai Citra yaitu suatu bentuk dari penilaian orang terhadap sesuatu, baik
buruknya terdapat bagaimana orang mengemas pesan agar mampu membentuk
pemikiran orang lain yang menerima pesan tersebut
Collections
- Communication [942]