Show simple item record

dc.contributor.advisorAchmad Sobirin
dc.contributor.authorHana Luqyana
dc.date.accessioned2021-03-10T05:54:52Z
dc.date.available2021-03-10T05:54:52Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27550
dc.description.abstractPemuda adalah generasi harapan bangsa yang mampu menawarkan solusi terhadap berbagai konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Keterlibatan pemuda dalam pembangunan sangat penting karena pemuda dianggap berada di usia yang produktif untuk mendukung aktifitas pembangunan di berbagai bidang. Dewasa ini masih banyak kasus pendidikan yang tidak layak yang terjadi di Indonesia. Maka dari itu dibentuklah suatu organisasi nirlaba non-profit yang disebut Indonesia Mengajar. Indonesia Mengajar atau yang dapat di singkat IM. Dalam upaya memastikan pencapaian tujuan, Indonesia Mengajar melakukan pengelolaan program secara terencana dan menjadikan pembelajaran sebagai bagian dari budaya organisasi. Pengajar muda merupakan ujung tombak dari tercapainya dampak sosial yang di harapkan. Dalam halnya pengembangan diri seseorang melihat dari adanya minat dan bakat orang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) alasan menjadi Pengajar Muda (2) proses pembelajaran organisasi yang di dapat pengajar muda di Indonesia Mengajar serta (3) nilai individu seseorang setelah menjadi Pengajar Muda. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan studi fenomenologi kualitatif dengan narasumber berupa lima orang alumni Pengajar Muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak para pemuda yang tergerak untuk bergabung dengan Indonesia Mengajar dengan alasan ialah suatu bentuk pengabdian dan balas jasa pada Negara. Indonesia mengajar juga menjadi suatu wadah pemuda untuk dapat mengembangkan diri dan mengasah kemampuan skill serta pengetahuan untuk perencanaan karir mereka melalui proses pembelajaran tersebut maka terjadilah perubahan nilai individu setelah menjadi pengajar muda, mereka yang telah menjadi pengajjar muda menjadi lebih terbuka dan menghargai sesama serta merubah pemikiran atau cara pandang mereka.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengembangan Dirien_US
dc.subjectPembelajaran Organisasien_US
dc.subjectNilai individuen_US
dc.titleBELAJAR DARI MENGAJAR DI INDONESIA MENGAJAR (Studi Kasus Alumni Pengajar Muda di Indonesia Mengajar)en_US
dc.Identifier.NIM13311467


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record