Strategi Manajemen Redaksional dan Manajemen Periklanan Beritagar.id sebagai Situs Berita Berbasis Kurasi di Indonesia.
Abstract
Mohammad Fajri Dwi Anugrah. 11321047. Strategi Manajemen Redaksional
dan Manajemen Periklanan Beritagar.id sebagai Situs Berita Berbasis Kurasi
di Indonesia. Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas
Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2017.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui strategi manajemen
redaksional beritagar.id sebagai situs berita berbasis kurasi di Indonesia; dan 2)
Mengetahui strategi manajemen periklanan beritagar.id sebagai situs berita
berbasis kurasi di Indonesia untuk menarik minat pengiklan. Manajemen
redaksional adalah fungsi manajemen yang diterapkan dalam bidang redaksi,
sedangkan manajemen periklanan adalah fungsi manajemen yang diterapkan
dalam bidang iklan. Karakteristik media online adalah berita cepat.
Paradigma penelitian adalah konstruktivisme. Jenis penelitian adalah
kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah pemimpin redaksi beritagar.id,
kurator/editor beritagar.id, tim bagian iklan beritagar.id. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Manajemen redaksi beritagar.id
melakukan aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan
pengawasan. Perencanaan berita mengacu pada ketentuan dimana ada rapat
perencanaan berita terlebih dahulu yang dilakukan oleh tim redaksi. Beritagar.id
menggunakan teknologi canggih Rakanalar dan upload berita secara otomatis
menggunakan robot. Beritagar.id mempunyai standar keterbacaan suatu artikel
yang mengacu pada standar Google yaitu 1 menit per 200 kata. Kelemahan dalam
manajemen redaksional beritagar.id masih menggantungkan data dari sumber
berita lain pada segmen live blog padahal sudah ada tim yang terjun ke lapangan
untuk mencari data, ada kurator yang merangkap editor sehingga double job.
Pelatihan kurator selama ini hanya dilaksanakan pada saat awal beritagar.id
berdiri; 2) Manajemen iklan beritagar.id melakukan aktivitas berupa perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Keunggulan manajemen iklan
beritagar.id adalah mempunyai iklan unggulan berupa konten marketing.
Beritagar.id memiliki kriteria calon klien yang dijadikan sebagai pengiklan sesuai
dengan kanal yang dimiliki oleh beritagar.id. Beritagar.id menyediakan paket
iklan sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Kelemahan manajemen
iklan beritagar.id adalah anggota divisi iklan yang hanya berjumlah 6 orang.
Divisi iklan tidak memberikan pelatihan kepada sales marketing. Beritagar.id
menerima iklan rokok padahal segmen pembaca dari berbagai kalangan. Traffic
dari jumlah pengiklan yang telah didapat masih minim dikarenakan ketatnya
persaingan iklan di media online.
Collections
- Communication [949]