Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Ulang Kecap Bango Di Kabupaten Bantul
Abstract
Suatu perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya sangat dipengaruhi oleh jumlah permintaan konsumen dari produk yang dihasilkan. Untuk itu harus diusahakan suatu cara yang tepat untuk mempengaruhi jumlah pennintaan konsumen terhadap suatu produk, agar dapat meningkatkan jumlah penjualannya Berkaitan dengan itu maka haruslah didahului dengan berbagai kegiatan pemasaran, yang meliputi pengembangan produk yang tepat, menetapkan harga yang kompetitif, mendistribusikan produk secara efisien dan mempromosikan secara efektif, sehingga produk akan terjual dengan cepat. Dengan berbagai kegiatan pemasaran tersebut, perusahaan dapat memperkuat posisinya dipasaran. Posisi perusahaan dipasaran dapat dilihat dengan pangsa pasar (market share) yang dikuasainya. Di samping itu, posisi perusahaan dapat pula diketahui dari pendapat konsumen terhadap atribut-atribut yang dimiliki oleh produk perusahaan. Kuat lemahnya perusahaan dipasaran bergantung pada kemampuan perusahaan dalam memberikan kepuasan pada konsumennya melalui produk yang dihasilkan dan dipasarkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kemasan, harga, kualitas dan rasa terhadap keputusan pembelian ulang konsumen pada produk kecap Bango baik secara parsial maupun simultan. Sampel yang digunakan sebanyak 110 responden. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda.
Berdasarkan basil analisis dapat disimpnlkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel kemasan, harga, kualitas dan rasa dapat mempengaruhi variabel keputusan pembelian ulang produk kecap Bango. Sedangkan secara parsial hanya variabel kemasan dan variabel rasa saja yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang kecap Bango. Persamaan regresi yang terbentuk
adalah Y = 0,162 X1 + 0,043 X2 + 0,138 X3 + 0,348 X4. Besarnya pengaruh
keempat variabel tersebut terhadap keputusan pembelian ulang adalah sebesar 50,9%.
Collections
- Management [4548]