Motivasi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Berbelanja di Pamella VI Swalayan Yogyakarta
Abstract
Di dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada penelitian mengenai motivasi konsumen dalam kaitannya dengan keputusan pembelian. Keputusan pembelian ini bisa terwujud dalam dua bentuk perilaku, membeli atau tidak membeli (Phillip Kottler, 2001). Pada dasamya banyak hal yang mempengaruhi pengambilan keputusan beli oleh konsumen. Akan tetapi di dalam penelitian ini, penulis mencoba meneliti motivasi yang mendorong terjadinya keputusan beli tersebut dengan mempertimbangkan kekuatan dari konsep pemasaran Pamella VI Swalayan dengan memandangnya sebagai sebuah retailer, terutama dari segi kekuatan dari dalam toko itu sendiri. Untuk mengidcntifikasi konsep pemasran didalam dunia retail diperlukan 4 unsur : Jenis produk yang ditawarkan, tingkat keragaman dan kelengkapan jenis produk atau disebut juga sebagai variety and assortment, tingkat pelayanan dan tingkat harga (Barton A. Weitz,1998). Dikarenakan metode pengolahan data yang akan digunakan adalah metode regresi. Sehingga di dalam penelitian terbentuklah sebuah kerangka dengan variabel keputusan pembelian sebagai variabel dependen (Y). Dan variabel independen yang akan akan di ukur pengaruhnya dengan keputusan pembelian adalah X 1 (harga) , X 2 ( produk) , X3 (Pelayanan) ,X4 (tata ruang). Adapun penambahan vari abel tata ruang adalah karena didalam penelitian ini mencoba mengukur kekuatan dari konsep pemasaran Pamella VI dari segi kekuatan isi di dalam toko.
Metode yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data adalah pembagian kuisioner dengan metode convenience sampling atau menemui subyek responden dengan jumlah sebanyak 100 orang secara acak dan hanya dilakukan pada konsumen yang ditemui oleh penulis saja pada lokasi penelitian. Instrumen yang digunakan di dalam pengukuran kuisioner ini sendiri adalah skala likert. Sementara metode interview atau wawancara dilakukan untuk mencari data mengenai sejarah dan latar belakang Pamella VI swalayan sebagai bagian dari Perusahaan Pamella Group.
Setelah menggunakan program spss versi 12 untuk melak ukan proses olah
data. Diperoleh hasil bahwa variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Pamella VI swalayan adalah variabel produk ( X2 ). Sedangkan variabel lain juga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, akan tetapi pengaruh tersebut tidak signifikan.
Collections
- Management [4550]