Analisis Kepuasan Nasabah di PT. Bank Mandiri Cabang Gejayan Yogyakarta
Abstract
Dengan banyaknya perusahaan yang menawarkan produk tertentu, maka sangat diperlukan bagi suatu perusahaan untuk dapat menempatkan produknya di benak konsumen. Hal ini bertujuan agar konsumen lebih mudah dalam mengidentifikasi produk tersebut. Produsen harus dapat menempatkan produknya pada pasar sasaran yang tepat. Tujuannya agar produknya diingat, diprioritaskan oleh konsumen, disukai dan dibeli setiap kali dibutuhkan.
Pertumbuhan penduduk Indonesia yang cukup tinggi, menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dunia perbankan yang semakin pesat. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, permintaan akan jasa perbankan juga akan meningkat. Untuk memenangkan persaingan perlu memberi nilai dan kepuasan kepada pelangggan melalui penyampaian produk dan jasa berkualitas dengan harga bersaing, dimana kepuasan konsumen akan tercipta bila persepsi yang diberikan sama atau lebih dari harapan yang dimiliki konsumen.
Banyak faktor yang mempengaruhi minat konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa. Penelitian ini mencoba menganalisis kepuasan nasabah untuk menggunakan jasa perbankan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Yogyakarta Gejayan. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner observasi dan studi pustaka. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kuantitatif yaitu analisis wilcoxon dan analisis kruskall wallis.
Berdasarkan basil penelitian di lapangan, dapat disimpulkan bahwa jenis kelamin, usia, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya minat konsumen untuk menggunakan jasa perbankan.
Berdasarkan hasil kesimpulan di atas, sangat penting bagi suatu bank untuk lebih meningkatkan pelayanan demi kepuasan nasabah, sehingga mampu untuk bersaing di masa yang akan datang.
Collections
- Management [4527]