Analisis Faktor Marketing Mix Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Handphone . Nokia (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kjonsumen dalam pembelian Handphone Nokia. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 4 (empat) yaitu variabel Keputusan Pembelia (Y), Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Distribusi (X4). Data dalam penelitian ini diperoleh dari 100 responden yaitu Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang menggunakan Handphone Nokia.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan akan dilakukan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
(1) Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi untuk variabel produk (X1) sebesar 0,257, variabel harga (X2) sebesar 0,223, variabel promosi (X3) sebesar 0,139, variabel distribusi (X1) sebesar 0,187 dengan nilai konstanta 0,379. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dari variabel produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian Handphone Nokia. Dari pengujian regresi dapat diketahui bahwa variabel independen yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian Handphone Nokia adalah variabel produk (X1) dengan signifikasi 0,001. Sedangkan variabel yang lain yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Handphone Nokia adalah secara berurutan variabel harga (X2) dengan signifikasi 0,010, variabel promosi (X3) dengan signifikasi 0,025, dan yang terakhir variabel distribusi (X1) dengan signifikasi 0,048. (2) Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai signifikasi untuk variabel produk (X1) adalah 0,001, variabel harga (X2) adalah 0,010, variabel promosi (X3) adalah 0,028, variabel distribusi (X1) adalah 0,048. Sehingga semua variabel independen memberikan pengaruh yang signifikan. (3) Berdasarkan hasil uji serentak atau uji F, nilai F-tabel dengan df (pembilang)=4 dan df (penyebut)=95 diperoleh 2,46 untuk taraf signifikasi 5%, sedangkan nilai F hitung lebih besar daripada F-tabel (16,432 > 2,46), atau jika kita merujuk pada tingkat signifikasi dapat diketahui bahwa nilai signifikasi uji F adalah 0,000 dan berada dibawah 0,05. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa variabel independen produk (X1), harga (X2), promosi (X3), distribusi (X1) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama. (4) Berdasarkan Analisa Korelasi Berganda dapat diketahui bahwa koefisien korelasi berganda sebesar 0,639 yang
berarti bahwa variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), distribusi (X1) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keputusan konsumen dalam membeli Handphone Nokia.
Collections
- Management [4548]