Analisis Minat Beli Konsumen terhadap Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX Setelah Melihat Iklan di Televisi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh antara sikap dan norma subyektif terhadap minat beli sepeda motor Yamaha Jupiter MX. Selain itu juga ingin menjelaskan pengaruh yang dominan di antara sikap konsumen dan norma subyektif terhadap minat beli sepeda motor Yamaha Jupiter MX. Adapun sikap dilihat dari variabel keyakinan terhadap perilaku dan evaluasi konsumen. Tiap tiap variabel sikap tersebut mengandung 9 atribut. Sedangkan norma subyekif dilihat dari variabel keyakinan terhadap referen dan motivasi dari referen, setiap variabel ada 4 atribut di dalamnya.
Penelitian ini menggunakan theory reasoned action model yang di kemukakan oleh M. Fishbein dan I. Ajzen. Agar penulis dapat mengetahui pengaruh anatara sikap dan norma subyektif terhadap minat beli maka mengunakan alat analisis regresi berganda. Dengan uji hipotesis menggunakan koefisisen determinasi berganda dan parsial yang didukung dengan uji-F dan uji-t.
Populasi penelitian merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi UII yang berjumlah 96 orang. Data yang didapat dari hasil penyebaran angket terhadap responden yang sudah melihat iklan sepeda motor Yamaha Jupiter MX akan tetapi belum membeli.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif antara sikap dan norma subyektif terhadap minat beli sepeda motor Yamaha Jupiter MX. Adapun variabel yang dominan mempengaruhi minat beli adalah sikap konsumen. Sikap konsumen terhadap sepeda motor Yamaha Jupiter MX positif akan tetapi norma subyektif konsumen terhadap sepeda motor Yamaha Jupiter MX negatif. Secara keseluruhan konsumen masih memiliki minat beli sepeda motor Yamaha Jupiter MX yang cukup tinggi dan ingin melakukan pembelian sepeda motor tersebut.
Collections
- Management [4545]