Analisis Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Merek Yamaha Di Kecamatan Banguntapan Bantul Yogyakarta
Abstract
Kepentingan sosial ekonomi konsumen menghendaki agar produk yang diperoleh sesuai dengan harapan yang dibayar konsumen. Apabila produk yang diperoleh sesuai dengan harapan maka nantinya konsumen akan menggunakan berulang kali. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya menciptakan hubungan yang hann.onis antara perusahaan dengan pelanggannya, hal ini akan memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya kepuasan pelanggan dan membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan bagi perusahaan (Tjiptono, 1994).
Begitu pentingnya menciptakan kepuasan konsumen bagi kehidupan sebuah perusahaan, tidak terkecuali untuk perusahaan otomotif, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai perilaku konsumen yang berjudul: " ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KECAMATAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA"
Berdasarkan karakteristik konsumen yang menggunakan sepeda motor Yamaha di Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul sebagian besar konsumen adalah pria yaitu sebesar 52,1 persen, berusia muda yaitu antara 26 - 35 tahun sebesar 40,6 persen, berprofesi sebagai pegawai swasta dan wiraswasta dimana keduanya masing-masing sebesar 35,4 persen, dengan penghasilan antara Rp. 1 juta hingga 2 juta rupiah yaitu sebesar 60,4 persen. Hal ini berarti target pasar sasaran pada produk sepeda motor Yamaha telah mengena yaitu kalangan menengah keatas, terbukti dengan profil konsumen yang masih berusia muda, yang berprofesi sebagai karyawan swasta maupun wiraswasta dan memiliki penghasilan menengah keatas. Selain itu image produk ini lebih cocok untuk kalangan pria, juga telah terbukti dengan mayoritas pemakai sepeda motor ini adalah pria.
Berdasarkan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan harapan sebelum membeli dan penilaian kinerja konsumen sepeda motor Yamaha di Banguntapan Bantu!. Dari ketujuh atribut, konsumen merasakan puas atas produk sepeda motor Yamaha untuk atribut harga, bahan bakar, mesin, perawatan dan puma jual; sedangkan untuk atribut model dan suku cadang, konsumen merasakan netral/tidak merasa puas dan juga tidak merasa tidak puas.
Sedangkan berdasarkan karakteristik konsumen atas umur dan pekerjaan secara wnum terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen sepeda motor Yamaha di Banguntapan Bantul berdasarkan karakteristik konsumennya. Untuk karakteristik konsumen berdasarkan jenis kelamin dan penghasilannya secara umum tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen sepeda motor Yamaha di Banguntapan Bantul berdasarkan karakteristik konsumennya.
Collections
- Management [4550]