Pengaruh Selebriti Endorser (Deddy Mizwar) Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Promag (Studi kasus pada masyarakat Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta)
Abstract
Sejak tahun 1992 Promag menggunakan Deddy Mizwar. ltu berarti sudah tiga belas tahun PT. Kalbe Farma memanfaatk.an Deddy Mizwar sebagai ikon Promag. Kepercayaan PT. Kalbe Farma kepada Deddy Mizwar untuk membintangi iklan produknya menunjukkan sebuah kerjasama yang sangat panjang dan Jangka dilakukan oleh produsen 1ain. Ini semua karena ada kebiasaan, jika sang bintang semakin menua dan popularitasnya makin memudar, biasanya produsen buru..:buru menggantikan bintang lain yang lebih segar dan dapat mewakili produknya. Tetapi lain dengan Deddy Mizwar, PT. Kalbe Farma tetap mempertahankan Deddy Mizwar sebagai endorser produk Promag.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel Deddy Mizwar (Kredibilitas, Keahlian, Kepercayaan, dan Daya Tarik) dan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat beli produk Promag oleh konswnen. Serta untuk mengetahui se1ebriti endorser manakah yang paling diminati oleh konsumen dibandingkan dengan selebriti endorser produk Promag yang lain.
Dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan memakai tehnik convenience sampling dengan responden sebanyak 106 responden yang menyaksikan tayangan iklan Promag di televisi Alat analisis yang dipakai
menggunakan regresi linier berganda dan korelasi linear berganda. Regresi linear berganda dimaksudkan untuk mengukur pengaruh variabel Deddy Mizwar dengan minat beli konsumen. Dan korelasi tinier berganda untuk mengukur keeratan antar variabel.
Dari basil penelitian mentmjukkan bahwa unsur-unsur iklan yang meliputi variabel Kredibilitas, Keahlian, dan Daya Tarik Deddy Mizwar secara bersama sama mampu mempengaruhi minat beli Promag oleh konsumen. Hal ini ditunjukkan hasil dari analisis korelasi berganda diketahui nilai koefisien R didapat sebesar 0,660. Nilai ini mendekati angka 1 artinya hubungan iklan di media televisi dengan variabel minat beli adalah moderat yaitu 66%. Artinya, setiap kenaikan iklan Promag di televisi sebesar 1 satuan dapat meningkatkan minat beli sebesar 66% secara rata-rata. Sedang nilai korelasi tinier berganda sebesar 0,414 berati. bahwa 41,4% minat beli produk Promag oleh konswnen dipengaruhi oleh keempat varia:bel bebas yang terdiri dari Kredibilitas, Keahlian, Kepercayaan, dan Daya Tarik sedangkan sisanya sebesar 59,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel penelitian yaitu: Personalitas, Kharisma, dan Komunikatif variabel Deddy Mizwar yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen adalah Daya tarik. Dan dari ketiga selebriti endorser yang paling diminati konswnen adalah Deddy Mizwar.
Collections
- Management [4548]