Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pernbelian Pakaian Terhadap Konsumen Pesta 42 Yogyakarta
Abstract
Perilaku konsumen merupakan hal yang kompleks dan diperlukan suatu cara yang tepat untuk menanganinya. Konsumen adalah aset bagi perusahaan dan memberikan kepuasan kepada mereka menjadi suatu keharusan yang tidak bisa ditawar lagi. Informasi mengenai apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen menjasi sangat berarti bagi perusahaan.
Penelitian dengan judul "Analis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Terhadap Konsumen Pesta 42 Yogyakarta" bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pakaian "Pesta 42" di Yogyakarta dan mengetahui atribut produk yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk yang bersangkutan.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh atribut produk terhadap keputusan konsumen dalam pembeian pakaian "Pesta 42" di Yogyakarta dan atribut produk apakah yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian tersebut.
Objek yang diteliti adalah sebagian konsumen yang pernah ataupun tahu tentang toko pakaian "Pesta 42". Sedangkan atribut produk yang diteliti adalah harga, kualitas, model dan warna. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner atau angket yang telah disebarkan lansung kepada konsumen dan data sekunder melalui buku-buku referensi, literatur-literatur maupun artikel yang erat hubungannya denag oenelitian ini. Pengujian statistik dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan 5%. Dalam pengambilan keputusan dilakukan dengan pengujian berdasarkan uji t dan uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji f dan uji t diketahui bahwa variabel harga, kualitas, model dan wama secara bersama-sama dan secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pakaian "Pesta 42" di Yogyakarta. Sedangkan atribut kualitas mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian.
Collections
- Management [4550]