Analisis Kepuasan Konsumen Fresco Digital Photograpy Jl Colombo N0.8 Samirono Baru - Yogyakarta
Abstract
Frescon merupakan salah satu perusahaan editing dan digital foto studio di Yogyakarta yang sedang berkembang diantara pesaing-pesaingnya diantara lain Malibu dan Calista Digital Photography, dengan perkembangan teknologi mendorong kesadaran masyarakat untuk beralih menggunakan produk digital photography, hal tersebut tentunya membawa pengaruh yang cukup besar bagi Fresco yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang editing dan digital photography.
Untuk memperoleh hasil analisa, dilakukan penghitungan terhadap hasil jawaban kuesioner, hasil diperoleh dengan membandingkan rata-rata kinerja dan harapan untuk memperoleh skor yang kemudian digunakan sebagai acuan untuk menentukan tingkat kepuasan pelayanan terhadap konsumen. dalam skripsi ini peneliti menggunakan alat analisis selisih, uji jenjang bertanda wilcoxon,dan kurskal Walis ketiga alat analisis digunakan untuk pengukuran butir atribut dari jawaban pertanyaan resonden, sehingga dapat diketahui kelompok kepuasan dan ada tidaknya perbedaan kepuasan berdasarkan karakteristik konsumen.
Berdasarkan interval dari alat analisis selisih dapat disimpulkan bahwa sebagian besar konsumen bcrada ditingkatan cukup puas. Sehingga perlu adanya perbaikan terhadap beberapa atribut yang menunjukan respon konsumen tidak puas, dari seluruh hasil Uji Wilcoxon Signed Rank Test maka dapat diketahui bahwa semua atribut pada Fresco Digital Photography terjadi perbedaan yang signifikan antara kinerja dan harapan. Hal ini didukung dengan hasil pada total pelayanan yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Sehingga hipotesis pertama yang menyatakan bahwa ada perbedaan kinerja Fresco Digital Photography dengan harapan konsumen adalah benar (Ho ditolak dan Ha diterima). Dari hasil perhitungan Kruskal Wallis Test diperoleh hasil yang tidak signifikan dari sebagian besar atribut berdasarkan ketiga karakteristik, sehingga mendukung hipotesis yang kedua yaitu tidak ada perbedaan terhadap kepuasan konsumen Fresco Digital Photography berdasarkan Karakteristik Konsumen.
Collections
- Management [4549]