Analisis Sikap Konsumen Terbadap Atribut Zalaza Studio Gym & Music Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atribut Zalaza Studio Gym & Music Yogyakarta. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu: Jenis -jenis olahraga, kemampuan SDM,
se-rvice I pelayanan, kelengkapan a/at, keamanan a/at. sedangkan variabel tergantung adalah karakteristik konsumen dalam penelitian ini tingkat usia, tingkat penghasilan, jenis pekerjaan responden, danjenis kelamin.
Populasi penelitian ini adalah anggota Zalaza Studio Gym & Music Yogyakarta. Sampel penelitian ditentukan dengan metode persentase yaitu sebanyak 100 orang. Data diperoleh dengan metode kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Validitas butir instrumen dihitung dengan metode korelasi Pearson. Reliabilitas dihitung dengan metode Alpha Cronbach. Teknik analisis data dengan analisis model sikap Fishbein dengan cara mengalikan antara nilai dari pernyataan keyakinan (beliefe) dengan nilai dari pernyataan evaluasi akibat (evaluation) kemudian dicari jumlah skor dari semua atribut dan dimasukkan ke dalam ska/a Likert, serta alat analisis kuantitatif ANOVA untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tanggapan responden berdasarkan karakteristik konsumen terhadap atribut produk.
Hasil analisis data dengan model sikap Fishbein diperoleh bahwa skor total sikap konsumen terhadap atribut yang ada di Zalaza Studio Gym & Music bernilai tinggi dan sangat tinggi yang terletak diantara interval skor 3,40 sampai dengan 4,19 dan interval skor 4,20 sampai dengan 5,00. Berdasarkan alat analisis kauntitatif ANOVA bahwa tidak ada perbedaan prilaku konsumen berdasarkan karakteristiknya.
Collections
- Management [4550]