Pengaruh Kecerdasan Emosional Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi
Abstract
Penelitian ini berjudul "Pengaruh Kecerdasan Emosional Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi" yang bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional diukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur dengan pemahaman yang dimiliki oleh mahasiswa.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden mahasiswa yang masih aktif menempuh kuliah di Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran ska/a likert. A/at analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasi/ penelitian menunjukkan bahwa variabel pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan social terbukti berpengaruh secara siginfikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi yang dimi/iki oleh mahasiswa.
Collections
- Akuntansi [4426]