Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Taman Kuliner, Steman, Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini mengangkat judul "Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Taman Kuliner, Sleman, Yogyakarta." Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendapat kejelasan siapa sajakah segmentasi pasar Taman Kuliner Yogyakarta ditijau dari karakteristik demografi, yaitu pekerjaan, tingkat penghasilan, dan tempat tinggal, untuk mendapat kejelasan faktor apakah yang paling dominan ditinjau dari karakteristik demografi berdasarkan variabel marketing mix, untuk: mengetahui dan menganalisis manfaat apa sajakah yang dijadikan alasan oleh konsumen untuk membeli produk di Tam.an Kuliner, dan juga untuk memberi masukan strategi pemasaran guna meningkatkan jumlah konsumen atas dasar informasi segmentasi pasar.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden, teknik
pengumpulan datanya adalah dengan kuesioner. Data diolah menggunakan analisis tabulasi silang dan analisis cluster menggunakan program SPSS 12.0 dan Microstat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik responden yang dominan adalah dari kalangan pelajar dan mahasiswa, berpenghasilan dibawah Rp. 1.000.000, dan bertempat tinggal di Kabupaten Sleman. Dari segi faktor yang paling dominan ditinjau dari karakteristik demografi berdasarkan variabel marketing mix sebagian besar karena faktor tempat. Alasan yang dominan dari responden untuk membeli produk adalah karena produk sesuai selera, produk bervariasi, tempat bersih, tempat tertata rapih, tempat aman, dan tempat nyaman.
Collections
- Management [4539]