Pengaruh Atribut-Atribut Iklan Terhadap Minat Beli Kartu GSM 3 di Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini menjelaskan mengenai komunikasi pemasaran yang berhubungan dengan penyampaian pesan oleh produsen kepada konsumen melalui media periklanan. Melalui kegiatan periklanan diharapkan konsumen mengenal karakteristik produk dan jasa yang ditawarkan, sehingga konsumen dapat mengambil keputusan pembelian. Produk yang diteliti adalah kartu GSM (Global Systemfor Mobile Communication) 3. Penelitian ini menjelaskan atribut atribut iklan yang terdiri dari isipesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan yang dikemas dalam iklan kartu GSM 3 di televisi, memiliki pengaruh atau bagaimana pengaruhnya terhadap minat beli konsumen.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan yang menjadi pokok permasalahannya adalah apakah atribut-atribut dari iklan yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen dan atribut apakah yang paling dominan dari iklan tersebut yang mempengaruhi minat beli konsumen.
Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diproleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang pernah menyaksikan iklan kartu GSM 3 di televisi dan berdomisili di Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta khususnya di Condong Catur, Jin Seturan dan Jin Solo.
Metode analisis data yang digunakan adalah terdiri dari analisis deskriptif dan analisis statistik, dimana analisis statistik menggunakan model analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis untuk koefisien regresi dengan melihat hasil koefisien determinasi berganda ( R 2), koefisien determinasi parsial (r2 , melakukan uji F dan melakukan uji T serta uji asumsi klasik .
Hasil uji hipotesa menuryukkan Adanya pengaruh yang signifikan baik secara bersama-sama maupun secara parsial mengenai atribut-atribut iklan terhadap minat beli, Dilihat dari probabilitas tingkat kesalahan Fhitung dan th;tung yang lebih kecil dari taraf signifikansi yakni 0,000 < 0,05. Sedangkan berdasarkan uji asumsi klasik didapat hasil model regresi mengandung unsur heteroskedastisitas, tidak terjadi multikolinearitas, model normalitas terpenuhi, dan asumsi linearitas telah terpenuhi. Berdasarkan uji koefisien determinasi berganda (R 2 ) diketahui nilai R2 adalah 0,965. Sementara atribut yang paling dominan adalah atribut struktur pesan yang dituryukkan dengan nilai koefisien determinasi parsial sebesar 0,564.
Collections
- Management [4527]