Analisis Strategi Marketing Mix Pada PT. Atlas Indonusa Semarang
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis saat ini semakin ketat, hal ini menuntut
perusahaan bisnis masa kini benar-benar memikirkan misi bisnis dan strategi
pemasaran perusahaan secara cermat. Perusahaan yang ingin tetap maju tidak
hanya harus mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan. Namun
keunggulan dipasar juga dapat diraih dengan menciptakan produk baru, jasa,
gaya hidup, dan cara menaikan standar hidupyang baru.
Dalam hal ini peneliti mencoba meneliti bagaimana strategi marketing
mix perusahaan Atlas Indonusa Semarang yang memproduksi rokok merk
"Semesta" dalam mempengaruhi keputusan beli konsumen dan diantara variabel
produk, harga, promosi, dan distribusi, variabel apa yang paling berpengaruh
dalam keputusan beli konsumen.
Namun seiring perkembangan dalam dunia bisnis, semakin banyak
pesaing dengan produk sejenis, sehingga membuat perusahaan inimau tidak mau
harus kembali mengevaluasi strategi marketing mix yang terdiri dari produk,
harga, promosi, distribusi untuk dapat menarik konsumen. Dengan begitu
perusahaan dapat menyusun strategi marketing mix yang tepat agar loyalitas
konsumen tetap terjaga.
Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa skor keputusan
beli konsumen adalah baik atau positif dan variabel yang paling dominan
mempengaruhi keputusan beli konsumen terhadap rokok "Semesta" adalah
variabel produk. Sehingga dalam hal ini perusahaan harus mempertahankan dan
meningkatkan kualitas produknya sekaligus meningkatkan variabel marketing
mix yang lain yaitu variabel harga, promosi, dan distribusi sehingga dapat
menjadi kekuatan kompetitifyang saling mendukung.
Collections
- Management [4529]