Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Biro Perjalanan PT Gama Wisata Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen
terhadap kualitas pelayanan pada PT. Gama Wisata Yogyakarta, dan untuk
mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi
kepuasan pelanggan PT Gama Wisata Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah konsumen dari PT Gama Wisata Yogyakarta. Jumlah sampel
pada penelitian ini adalah sebanyak 100responden. Analisisdata dalam penelitian ini
meliputi analisis importance performance analisys dan analisis diagram kartesius.
Sebelum dilakukan analisis data maka terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan
reliabilitas, untuk membuktikan bahwa kuesioner yang digunakan sebagai instrument
pengukur data telah layak digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kesesuaian
menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan PT
Gama Wisata masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kesesuaian baik pada
dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangibles seluruhnya
masih dibawah 100%. Artinya, tingkat kualitas pelayanan yang selama ini dilakukan
oleh PT.Gama Wisata Yogyakarta masih dibawah harapan konsumen. Beerdasarkan
analisis koordinat kartesius menunjukan bahwa atribut yang perlu diprioritaskan
adalah item karyawan mampu menanganai masalah yang dihadapi konsumen,
pelayanan yang bebas dari kesalahan,pengetahuan karyawan yang cukup,kemampuan
karyawan dalam memberikan kesan yang baik di hati pelanggan dan fasilitas yang
cukup memadai.
Collections
- Management [4539]