Analisis Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Sepeda Motor Buatan Negara China (Studi Kasus di Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta)
Abstract
Kondisi krisis ekonomi yang melada negara kita, menjadikan Indonesia
sebagai peluang bagi pangsa pasar perusahaan sepeda motor China untuk
memasarkan produknya dengan harga rendah. Karena kondisi tersebut dipengaruhi
oleh adanya penurunan konsumsi sepeda motor merek yang sudah ada, khususnya
masyarakat golongan kelas ekonomi menengah ke bawah yang diakibatkan oleh
krisis ekonomiyang berkepanjangan.
Namun, dari tahun ke tahun, penjualan sepeda motor China tidak
mengalami peningkatan, karena selain banyaknya sepeda motor yang beredar di
Indonesia, juga karena minat konsumen masih kurang terhadap sepeda motor China.
Seharusnya suatu perusahaan selain harus melaksanakan pekerjaan dengan baik juga
harus bekerja keras agar berhasil di pasar. Dengan sistem pemasaran yang baik, akan
menumbuhkan sikap konsumen yang positif teVhadap produk, agar timbul minat
konsumen untuk membelinya.
Banyak faktor yang mempengaruhi minat konsumen untuk membeli suatu
barang atau jasa. Penelitian ini mencoba menelaah hubungan antara faktor Sikap dan
Norma SubyektifKonsumen dengan Minat Konsumen Untuk Membeli Sepeda Motor
Buatan Negara China. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
masyarakat Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner, observasi dan studi pustaka. Sedangkan untuk
analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yaitu metode
analisis sikap model fishbein dan regresi linier berganda.
Berdasarkan temuan di lapangan dan analisis data, hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa l).Hanya variabel Sikap yang mempunyai pengaruh positif
terhadap Minat konsumen untuk membeli sepeda motor China. 2). Variabel Sikap
merupakan variabel dominan dan satu-satunya yang mempengaruhi besarnya Minat
konsumen untuk membeli sepeda motor China karena Norma Subyektif memiliki
pengaruhnegatif dan tidak diperhitungkan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, perusahaan ataupun distributor sepeda motor
China perlu menerapkan strategi pemasaran yang lebih matang sehingga mampu
bersaing di masa yang akandatang.
Collections
- Management [4527]