Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Bengkel Elektronik Dion Servis Magelang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tinkat kepuasan
konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa bengkei elektronik DION SERVIS. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah dan sedang
menggunakan jasa bengkei DION SERVIS di daerah Magelang. Sampel penelitian ini
adalah 100 responden yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti. Teknik
pengambilan sampel menggunakan metode Convinience sampling, yaitu semua
konsumen yang sedang menggunakan jasa bengkei DION SERVIS di daerah Magelang.
Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Importance
Performance dan Diagram Kartesius.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan sebagian besar
konsumen belum merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh jasa
Bengkei Elektronik DION SERVICE Magelang. Hal ini dapat dibuktikan bahwa
sebagian besar tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan dibawah angka 100 %, yang
menunjukkan bahwa kinerja pada Bengkei Elektronik DION SERVICE Magelang belum
sesuai dengan harapan konsumen. Tingkat kepuasan konsumen baru tercapai pada
dimensi Empathy yaitu pada item perhatian secara khusus dengan penuh tanggung jawab
dengan tingkat kesesuaian sebesar 100,03% dan item pelayanan kepada konsumen tanpa
memandang status sosial dengan tingkat kesesuaian 100,03% serta item pada dimensi
Tangibles yaitu kebersihan dan penampilan karyawan dengan tingkat kesesuaian sama
dengan 100%. Berdasrkan Analisis Koordinat Kartesius variabel yang paling besar
memberikan tingkatkepuasan konsumen adalah dimensi Tangibles.
Collections
- Management [4527]