Reaksi Return Saham Industri Makanan dan Minuman Terhadap Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak
Abstract
Skripsi ini berisikan tentang pengaruh kenaikan harga Bahan Bakar Minyak
(BBM) terhadap saham-saham perusahaan makanan dan minuman. Kenaikan
BBM merupakan kebijakan pemerintah yang bersifat makro, yaitu semua
kalangan yang ada di Indonesia akan terkena dampaknya. Kenaikan harga BBM
ini cukup mengguncang perekonomian Indonesia khususnya bagi masyarakat
menengah kebawah, dan hal ini memacu kenaikan harga hampir semua barangbarang
kebutuhan konsumsi masyarakat. Kebijakan Pemerintah untuk menaikkan
harga BBM juga langsung berpengaruh terhadap pasar modal, kenaikan harga
BBM dengan persentasi yang sangat besar tersebut cenderung akan berdampak
pada tingginya angka inflasi dan tingkat suku bunga.
Penelitian ini menggunakan metode event study untuk melihatadanyareaksi
terhadap suatu peristiwa yang memiliki kandungan informasi, dilihat dari
abnormal return yang merupakan selisih dari keuntungan sesungguhnya dengan
keuntungan yang diharapkan. Selain dilihat dari abnormal returnnya, juga
digunakan volume perdagangan untuk melihat seberapa besar reaksi yang terjadi.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat reaksi tidak
terdapat reaksi di sekitar hari peristiwa (event windows). Dilihat dari rata-rata
abnormal returnnya, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal
return sebelum dan sesudah kenaikan BBM sedangkan pada rata-rata volume
perdagangan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata volume
perdagangan sebelum dan sesudah kenaikan harga BBM. Tidak adanya reaksi di
sekitar hari peristiwa disebabkan karena informasi kenaikan harga BBM telah
bocor atau diketahui public jauh-jatih hari sebelum periode event windows yang
menyebabkan reaksi telah terjadi lebih dulu sebelum periode event windows.
Selain itu kebutuhan masyarakat terhadap makanan dan minuman yang tidak
berubah, karena dalam kondisi bagaimanapun kebutuhan akan makanan dan
minuman adalah kebutuhanpokok yang harus dipenuhi.
Collections
- Management [4548]