Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Hardjanti
dc.contributor.authorIwan Joko Purwantio
dc.date.accessioned2021-01-20T06:30:38Z
dc.date.available2021-01-20T06:30:38Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/26651
dc.description.abstractPengaruh kondisi ekonomi Indonesia pasca bergulirnya reformasi memang mengakibatkan depresiasi yang sangat kuat. Hal ini berpengaruh sekali terhadap kinerja lembaga keuangan yang ada di Indonesia, termasuk langkah-langkah strategik yang dilakukan oleh BPR Danagung Bakti untuk menghadapi segala persoalan akibat kondisi perekonomian Indonesia yang buruk tersebut. Tekanan demi tekanan terus bergulir seiring proses kedewasaan sebuah bank, begitu juga yang di alami oleh BPRDanagung Bakti. Sibagai sebuah bank yang mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat, BPR Danagung Bakti tentu saja sangat peduli terhadap strategi dan daya saing yang dimiliki oleh perusahaan, terlebih di masa sekarang yang penuh dengan ancaman, tantangan dan, peluang. Untuk membaca dan memprediksikan itu semua diperlukan sebuah langkah-langkah yang cerdas dan berani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana posisi bisnis BPR Danagung Bakti dalam peta persaingan saat ini dan menetapkan strategi bisnis yang perlu dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan dimasa kini dan masa yang akan datang. Strategi bersaing menuntut BPR Danagung Bakti untuk memiliki nilai lebih dari pesaingnya sehingga memiliki karakter yang kuat untuk membedakan denganpara pesaingnya. Untuk mendapatkan alternatifstrategi yang tepat maka penulis menggunakan metode analisis SWOT. Dimana seorang manajer harus menemukan kesesuaian strategi antara peluang-peluang eksternal dan kekuatan-kekuatan internal, disamping memperhatikan ancaman-ancaman eksternal dan kelemahan-kelemahan internal. Mengingat bahwa SWOT merupakan akronim untuk Strenghts, Weaknesses, Oppurtunities, dan Threats dari organisasi, yang semuanya merupakan faktor - faktor strategis. Analisis SWOT mengidentifikasikan kompetensi langka perusahaan yang akan memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan membuat sebuahperusahaan menjadi berbeda. Dengan metode analisis SWOT, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa posisi BPR Danagung Bakti pada saat ini terletak pada Sel I dimana perusahaan mendukung strategi agresif yaitu meraih peluang yang ada dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan strategi bisnis yang sebaiknya diterapkan adalah dengan memperluas pangsa pasar, dengan memanfaatkan daya beli konsumen, pertumbuhan pasar dan pangsa pasar yang ada melalui kegiatan promosi dan peningkatan kualitas karyawan karena pasar tumbuh dengan baik dan cukup potensial dengan menawarkanproduk atau jasa yang lebih bervariasi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Strategi Bersaingen_US
dc.subjectPT. Bank Perkreditan Rakyat ( BPR) Danagung Bakti Yogyakartaen_US
dc.titleAnalisis Strategi Bersaing PT. Bank Perkreditan Rakyat ( BPR) Danagung Bakti Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM02311183


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record