Analisis Positioning Perusahaan Jasa Transportasi Udara PT. Garuda Indonesia Dibandingkan dengan Perusahaan Lainnya di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta (Studi pada penumpang Garuda Indonesia, Adam Air, Lion Air dan Mandala Airlies)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi masing-masing jasa
penerbangan Garuda Indonesia, Adam Air, LION AIR, dan Mandala Airlines di
Bandara Adisucipto Yogyakarta, dan mengetahui strategi pemasaran yang perlu
dilakukan oleh perusahaan penerbangan Garuda Indonesia, Adam Air, LION AIR,
dan Mandala Airlines agar tetap terjaga kelangsungannya di jalur Yogyakarta!
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh konsumen
yang sedang atau pernah menggunakan jasa pesawat Garuda Indonesia, Adam Air,
Lion Air dan Mandala Airlines. Sampel penelitian ini adalah 120 konsumen yang
dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti. Teknik penarikan sampel
menggunakan "accidental sampling", yaitu pengambilan sampel yang dilakukan
dengan mengambil responden yang kebetulan ada, dalam arti siapa saja yang
secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila
dipandang orang yang ditemui itu cocok sebagai sumber data. Model analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Map Perception atau peta posisi yaitu peta
yang menjelaskan posisi jasa pesawat Garuda Indonesia Airlines terhadap
perusahaan pesaing Adam Air, Lion Air dan Mandala Airlines.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jasa penerbangan Garuda Indonesia
berada dalam kuadran II, dimana jasa penerbangan ini memiliki keunggulan baik
pada dimensi pelayanan yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan
tangibles serta memiliki keunggulan pada dimensi harga yaitu harga tiket dan
diskon harga. Jasa penerbangan Adam Air berada pada kuadran I, dimana jasa
penerbangan ini telah memiliki keunggulan pada dimensi harga tetapi memiliki
kelemahan pada dimensi pelayanan.Jasa penerbangan Lion Air berada pada
kuadran III, yaitu kuadran yang memiliki kelemahan baik pada faktor kualitas
pelayanan maupun faktor harga. Jasa penerbangan Mandala Airlines berada pada
kuadran IV, yaitu kuadran yang memiliki keunggulan pada faktor kualitas
pelayanan, tetapi memiliki kelemahan pada faktor harga.
Collections
- Management [4527]