Motivasi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Berbelanja di Swalayan Citrouli Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini berjudul Motivasi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan
Berbelanja Di Swalayan Citrouli Yogyakarta. Penelitian dilakukan di Swalayan
Citrouli Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor
motivasi pembelian konsumen yang mempengaruhi pengambilan keputusan
berbelanja di Swalayan Citrouli Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor
motivasi yang paling mendominasi dalam keputusan pembelian yang dilakukan
oleh konsumen Swalayan Citrouli Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan
metode analisa kualitatif, metode analisa kuantitatif dan juga metode analisa
korelasi linear berganda. Hal ini bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih
akurat, sehingga dapat dicari solusi yang tepat. Metode tersebut dilakukan dengan
menggunakan instrumen kuesioner dan selanjutnya kuesioner diolah
menggunakan bantuankomputer melalui program SPSSversi 11.5.
Populasi yang diteliti adalah pelanggan swalayan citrouli yang hendak
melakukan pembelian suatu barang di Swalayan Citrouli Yogyakarta. Sampel
yang digunakan 50 orang. Metode statistik yang digunakan adalah tehnik korelasi
linier berganda dan uji statistik cronbach alpha. Berdasarkan hasil uji validitas
dengan menggunakan tehnik korelasi tersebut, dari 4 atribut yang ditawarkan,
semuanya terbukti secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya nilai
kinerja pada keempat atribut tersebut tidak berbeda secara signifikan dengan
harapan konsumen. Motivasi tertinggi ada pada atribut dengan nilai sebesar 0,282
atau sebesar 28,2%, sedangkan motivasi terendah terjadi pada atribut tata ruang
dan suasana dengan nilai sebesar 0,112 atau sebesar 11,2%.
Collections
- Management [4550]