Pengaruh Citra Selebriti Komeng dalam Iklan Terhadap Brand Image Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z (Studi Kasus: Fakultas Ekonomi UII)
Abstract
Dinamika periklanan di Indonesia terns berkembang dan dinamis. Setiap
saat masyarakat Indonesia selalu menjumpai beragam iklan yang berusaha
menanamkan pesannya di benak setiap pelanggan. Salah satu cara yang digunakan
oleh para creator iklan untuk membangun image produk adalah dengan
menggunakan selebriti yang dianggap kompeten dan credible untuk mengiklankan
produknya. Yamaha-Motor Indonesia memanfaatkan selebriti Komeng untuk
membangun image Yamaha Jupiter Z yang berkualitas, modem, dan sesuai
dengan gaya hidup (lifestyle) kawula muda. Selanjutnya, mampukah citra seorang
selebriti dalam iklan untuk membangun image produk yang dibintanginya dan
seberapa besar pengaruhnya?
Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda dan
korelasi berganda dengan menggunakan software program SPSS 11.00. Alat
analisis ini berfungsi untuk mengetahui pengaruh antara variable dependent
dengan variable independent dan seberapa besar pengaruhnya. Dalam penelitian
ini brand image Yamaha Jupiter Z menjadi variable dependent, sedangkan citra
kualitas, modem, dan gaya hidup selebriti Komeng menjadi variable independent.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra selebriti dalam iklan
memiliki pengaaih yang cukup signitikan terhadap brand image produk yang
dibintanginya. Variable citra kulaitas, modem dan gaya hidup seorang selebriti
Komeng secara bersama-sama mempengaruhi brand image Yamaha Jupiter Z.
Image kualitas selebriti Komeng mempakan variable yang paling berpengaruh
terhadap brand image Yamaha Jupiter Z. Sedangkan variable image modem dan
lifestyle selebriti tidak cukup mampu untuk membangun image Yamaha JupiterZ.
Penggunaan selebriti dalam iklan memang sangat mahal dan terpendam resiko
yang cukup besar, sehingga penggunaan selebriti mempakan keputusan besar
dalam dunia periklanan.
Collections
- Management [4548]