Analisis Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Travel Zahra Transport di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini menjelaskan mengenai kepuasan konsumen yang dipengaruhi oleh
atribut-atribut pemuas jasa. Atribut-atribut tersebut adalah reliabiliy,
responsiveness, assurance, empathy,tangibles.
Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara
menyebar kuesioner kepada responden yang menjadi pengguna jasa travel Zahra
Transport di Yogyakarta.
Metode analisis yang digunakan adalah model skala likert yang ditentukan dalam
lima tingkat baik untuk penilaian tingkat kepentingan maupun tingkat kinerja.
Selanjutnya tingkat unsur-unsur dijabarkan dalam diagram kartesius sehingga
dapat diketahui tingkat kepuasan konsumen.
Hasil dari penelitian ini memberikan beberapa saran bagi perusahaan yaitu utuk
selalu memonitor pelayailan yang diberikan memuaskan atau tidak, Perusahaan
perlu secara berkala melakukan survei terhadap kepuasan konsumen dan
meningkatkan kualitas pelayanan dengan pelatihan-pelatihan yang berhubungan
dengan kinerja.
Collections
- Management [4548]