Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi (Studi Kasus PT. Garuda Indonesia Perwakilan Yogyakarta)
Abstract
Tulus Hermawan (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan
Penggunaan Jasa Transportasi
(Studi KasusPT. Garuda Indonesia Perwakilan Yogjakarta).
Perkembangan perekonomian di Indonesia dewasa ini cenderung
telah mengalami pemulihan yang cukup signifikan dibandingkan awal terjadinya
krisis moneter dan krisis ekonomi di era tahun 1997an. Seiring dengan pulihnya
perekonomian di negara-negara Asia terutama yang terkena dampak langsung krisis
ekonomi, dan di dorong oleh pencananaan era perdagangan bebas 2003, maka
perusahaan mulai berusaha untuk memenangkan persaingan dengan para
kompetitornya. Persaingan tingkat harga antar alat transportasi darat dan udara yang
tidak terlalu jauh mendorong konsumen untuk cenderung memilih angkutan udara
daripada angkutan darat. Persaingan harga ini juga diiringi dengan persaingan
dengan maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, seperti Garuda Indonesia
Airways, Lion Air, Mandala Airline, Pelita Airline, Merpati Airline, dan beberapa
perusahaan lain yang mulai berkembang.
Dalam perusahaan transportasi terutama transportasi udara, biasanya
konsumen akan memperhatikan beberapa faktor penting sebelum akhirnya
memutuskan untuk melakukan pembelian jasa tersebut. Faktor yang sering
diperhatikan oleh konsumen adalah faktor pelayanan, harga, fasilitas, kenyamanan,
dan keamanan. Berdasarkan latarbelakang diatas, makapenelitian ini akanmencoba
menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumenterutama
pada perusahaan jasa penerbangan di Indonesia. Untuk mendukung penelitian
tersebut, maka penelitian ini akan mengambil judul Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi (Studi kasus PT. Garuda
Indonesia Perwakilan Yogyakarta). Alat analisis yang digunakan adalah Uji
Validitas digunakan untuk maengukur sah atau tidaknya suatu kuesioner. Analisis
regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor perilaku
konsumen terhadap penggunaan jasa transportasi Garuda Indonesia. Analisis
korelasi berganda adalah suatu analisis yang digunakan untuk melakukan
pengukuran sejauh mana hubungan antara variabel-variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh signifikan antara Kualitas
Pelayanan yang terdiri dari variabel Pelayanan, Harga, Fasilitas, Kenyamanan dan
Keamanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi secara parsial,
berdasarkan uji t dan uji F.
Collections
- Management [4540]