Analisis Pengaruh Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Motivasi Pasien untuk Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Nirmala Purbalingga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan, harga dan lokasi
terhadap motivasi pasien rawat inap. Populasi yang menjadi penelitian ini adalah pasien
yang menjalani rawat inap di RSU Nirmala Purbalingga, jumlah sample yang diambil
sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran
kuisioner dan wawancara sehingga diperoleh data primer pasien, sedangkan data
sekunder diperoleh dari pihak rumah sakit. Metode analisis yang digunakan adalah
regresi berganda, Pengujian Hipotesis dengan Uji Secara Serentak atau Uji Fdan
Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial atau Uji t. Untuk memastikan bahwa data primer
yang diperoleh berkualitas maka diuji validitas dan reliabilitasnya. Dar hasil perhitungan
SPSS maka diperoleh persamaan regresi sebagai berikut:
Y= 0,571 XI - 0,227 X2 + 0,258 X3
Dari persamaan diatas, pelayanan (XI) dan lokasi (X3) mempunyai pengaruh positif
artinya semakin tinggi nilai pelayanan dan lokasi akan semakin tinggi pula nilai
motivasinya.Sedangkan harga (X2) berpengaruh negative dengan motivasi artinya
semakin tinggi harga menurut persepsi konsumen maka akan semakin rendah motivasi
pasien.
Setelah dilakukan pengujian hipotesis secara serentak dan secara parsial, variable
pelayanan, harga dan lokasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi.
Collections
- Management [4527]