Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah Bank BRI Studi Kasus Pada PT. Bank BRI (Persero) Cabang Sleman Yogyakarta
Abstract
Penehtan ini menjelaskan mengenai komunikasi pemasaran yang
berhubungan dengan penyampaian pesan oleh produsen kepada konsumen melalui
iklan. Dalam penelitian ini penulis merumuskan yang menjadi pokok
permasalahannya yaitu apakah atribut - atribut iklan yang terdiri dari isi pesan,
struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah pada PT. Bank BRI (Persero) Cabang
Sleman Yogyakarta, dan atribut iklan apakah yang paling dominan dari iklan tersebut
yang mempengaruhi keputusan konsumen.
Lokasi tempat penelitian dilakukan adalah pada PT. Bank BRI (Persero)
Cabang Sleman Yogyakarta, dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden
yang pernah menyaksikan iklan Bank BRI di televisi. Yang menjadi variabel
dependent yaitu keputusan konsumen, dan variabel independent yaitu isi pesan,
struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan.. Metode analisis yang digunakan
adalah model regresi berganda dengan melihat hasil koefisien determinasi R2
melakukan Uji F, dan melakukan Uji T.
Dalam analisis data yang dilakukan peneliti diperoleh hasil bahwa dari uji F
secara serentak ternyata variabel dalam iklan yaitu isi pesan, struktur pesan, format
pesan, dan sumber pesan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan
konsumen menjadi nasabah pada PT. Bank BRI (Persero) Cabang Sleman
Yogyakarta. Sedangkan dari uji Tyaitu secara parsial hanya variabel format pesan
yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah pada PT
Bank BRI (Persero) Cabang Sleman Yogyakarta.
Collections
- Management [4545]