Analisis Sikap Konsumen dalam Membeli Produk Sepeda Motor Yamaha Mio di Kabupaten Sleman
Abstract
Adanya perkembangan dunia usaha yang semakin meningkat seiring
dengan perkembangan teknologi pada saat ini mengakibatkan munculnya produk-produk
baru dari berbagai perusahaan. Salah satunya adalah Yamaha yang
mengeluarkan produk sepeda motor Yamaha Mio yang notabenenya
dipemntukkan bagi kaum wanita tetapi tidak sedikit pula kaum pria menggunakan
produk tersebut.
Pada skripsi ini, penulis meneliti tentang sikap konsumen dalam membeli
produk sepeda motor Yamaha Mio serta menganalisis ada/tidaknya perbedaan
sikap konsumen berdasarkan karakteristiknya yaitu gender, usia dan tingkat
penghasilan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada
responden yaitu para pengguna sepeda Motor Yamaha Mio di Kabupaten Sleman.
Untuk menganalisis sikap konsumen tersebut digunakan model analisis
sikap Fishbein dan uji beda nonparametrik Kruskal Wallis. Dalam analisis sikap
Fishbein, pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan variabel
keyakinan (bi) dan evaluasi (ei) atas atribut-atribut produk yang digunakan.
Variabel-variabel tersebut kemudian dikalikan untuk memperoleh indeks sikap
konsumen yang diukur menggunakan skala Likert 4 ruas. Kemudian untuk
analisis Kruskal Wallis, keputusan dalam menerima atau menolak Ho dilakukan
dengan membandingkan probabilitas dengan batas tingkat signifikansi (α = 0,05).
Jika probabilitas kesalahan lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima dan jika
probabilitas kurang dari 0,05 maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan
sikap konsumen berdasarkan karakteristik responden
Berdasarkan analisis Fishbein yang dilakukan, diketahui bahwa konsumen
mempunyai sikap yang positif terhadap atribut dari produk sepeda motor Yamaha
Mio. Sedangkan dari hasil analisis Kruskal Wallis dinyatakan ada perbedaan sikap
konsumen terhadap atribut dari sepeda motor Yamaha Mio berdasarkan
karakteristik konsumen. Perbedaan yang signifikan terletak pada atribut harga
beli, harga jual, keiritan, kemudahan penggunaan dan bobot.
Collections
- Management [4545]