Segmentasi Pasar Kartu Sellular IM3 di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui mengetahui pola segmentasi IM3 berdasarkan
faktor-faktor atribut produk IM3 serta untuk mengetahui dasar segmentasi atribut produk
yang dianggap penting oleh konsumen LM3. Metode utama pengambilan data utama
dilakukan dengan kuesioner, dibantu dengan wawancara untuk pengumpulan data primer.
Data sekunder digunakan untuk memperoleh data-data tentang strategi pemasaran
perusahaan. Dalam penelitian ini populasinya adalah konsumen IM3 di Yogyakarta.
Dalam hal ini agar sampel dapat mewakili populasi, maka penelitian ini menggunakan
metode Purposive Convenience Sampling. Teknik analisa data yang akan digunakan
untuk menganahsis data adalah analisis faktor dan Analisis Perceptual Mapping dapat
digunakan untuk mengetahui posisi suatu produk dengan produk pesaing yang mirip dan
mengetahui posisi produk pesaing pada saat ini.
Hasil Penelitian menunjukkan pola segmentasi IM3 berdasarkan faktor-faktor
atribut produk IM3 membentuk komponen tersendiri sebanyak lima komponen sesuai
rotasi faktor, yaitu membentuk harga, biaya, fasihtas, jangkauan dan kemudahan. Dasar
segmentasi atribut prodfik yang dianggap penting oleh konsumen adalah fitur/fasilitas
yang disedikan oleh prpduk M3. Hal ini menjadi keunggulan atribut produk tersebut
untukbersaing. Atribut yangdianggap tidak sesuai oleh konsumen adalah harga sehingga
atribut ini perlu diperbaiki.
Collections
- Management [4548]