Analisis Strategi Pemasaran Inna Garuda Yogyakarta
Abstract
Bisnis perhotelan merupakan salah satu bidang usaha yang mendukung
pariwisata Indonesia. Hotel merupakan salah satu bentuk perdagangan jasa yang
sangat menjanjikan dan memiliki prospek untuk berkembang lebih baik. Semakin
banyaknya hotel yang tumbuh dan berkembang saat ini, sejalan dengan situasi
dan kondisi perekonomian di Indonesia yang semakin maju, mengakibatkan
persaingan yang ketatdalam dunia usaha perhotelan. Di era persaingan yangketat
ini, perusahaan dituntut selalu dapat merumuskan dan menetapkan strategi
pemasaran yang tepat untuk semakin meningkatkan pangsa pasar. Oleh karena
itu, manajemen Inna Garuda Yogyakarta harus dapat menetapkan strategi
pemasaran yang tepat agar dapat memenangkan dalam persaingan di dunia
perhotelan.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut serta melihat
pentingnya strategi pemasaran di dunia perhotelan, maka penulis tertarik
melakukan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Inna
Garuda Yogyakarta hingga dapat bertahan dalam persaingan yang sangat ketat.
Selain itu, penulis juga ingin memberikan kontribusi yang mungkin dapat
membantu manajemen Inna Garuda Yogyakarta dalam menerapkan strategi
pemasaran guna mempertahankan dan meningkatkan market share. Oleh karena
itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Analisis Strategi
Pemasaran Inna Garuda Yogyakarta".
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi
dan kuesioner dengan mengambil responden sebanyak lima orang dari pihak
manajemen Inna Garuda Yogyakarta yang meliputi: Marketing Manager,
Manpower Manager, Chief Accountant, Food And Beverage Manager, dan
Executive Assistant Manager. Alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan
reliabilitas, SWOT serta MDTI dengan menilai sebanyak 9 variabel internal
perusahaan dan 9 variabel eksternal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inna Garuda Yogyakarta pada
masa yang akan datang sangat menjanjikan dan memiliki prospek untuk
berkembang lebih baik. Berdasarkan SWOT, posisi Inna Garuda Yogyakarta
terletak pada Kuadran I dan strategi yang sebaiknya diterapkan adalah strategi
agresif {growth oriented strategy). Sedangkan berdasar analisis MDTI, Inna
Garuda Yogyakarta berada pada sel 1, posisi ini merupakan posisi pertumbuhan
dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal artinya perusahaan mempunyai
pertumbuhan yang baik.
Collections
- Management [4550]