Analisis Pengaruh Asosiasi Merek terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda di Kota Yogyakarta
Abstract
Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang memiliki banyak
keunggulan. Bentuk yang ramping, mudah bergerak, ekonomis dan harga terjangkau,
menyebabkan orang menyukai alat transportasi ini. Tidak mengherankan apabila
pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Saat ini di pasar telah
beredar berbagai merek sepeda motor, seperti: Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki,
Kymco, Viar, Daiheiyo, Jialing. Banyaknya merek serta keunggulan yang dimiliki
masing-masing produk, memberikan konsumen banyak pilihan untuk memilih
produk yang dianggapnya memiliki kelebihan dari yang lain.
Asosiasi merek adalah segala kesan yang muncul di benak seseorang yang
terkait dengan ingatannya mengenai suatu merek. Kesan-kesan yang terkait merek
akan semakin meningkat dengan semakin banyaknya pengalaman konsumen dalam
mengkonsumsi suatu merek atau dengan semakin seringnya penampakan merek
tersebut dalam strategi komunikasinya, ditambah lagi jika kaitan tersebut didukung
oleh berbagai asosiasi yang kuat. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja/hasil yang dirasakannya dengan harapannya Berhubungan
dengan masalah tersebut di atas penulis mengadakan penelitian tentang analisis
Pengaruh Asosiasi Merek terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda di
Kota Yogyakarta.
Dalam penelitian ini dirumuskan dua permasalahan yaitu: Apakah ada
pengaruh asosiasi merek baik secara parsial maupun serentak terhadap kepuasan
konsumen sepeda motor Honda di kota Yogyakarta dan Asosiasi merek yang mana
yang memberikan pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen.
Sampel diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode
Purposive Random Sampling. Data terdiri dari data primer dan sekunder yang
dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan alat analisis
Prosentase, Uji Tes Cochraa, Regresi Berganda, Korelasi Berganda dan Korelasi
Parsial.
Melalui analisis Prosentase diketahui responden terbesar: berdasarkan jenis
kelamin yaitu kaum pria, berdasarkan tingkat usia yaitu antara 18 s/d 25 tahun,
berdasarkan pendidikan terakhir tamat sarjana, berdasarkan jenis pekerjaan adalah
karyawan, berdasarkan tingkat pendapatan adalah antara Rp 2.000.001,- sampai
dengan Rp 2.500.000,-. Berdasarkan Uji Tes Cochran atribut kuat dan' tangguh,
ekonomis, adanya bengkel AHASS dan puma jual tinggi menjadi asosiasi merek
sepeda motor Honda tipe Supra, Supra Xdan Kharisma di Yogyakarta. Berdasarkan
regresi berganda, korelasi berganda dan korelasi parsial diperoleh hasil bahwa
secara parsial maupun serentak keempat atribut asosiasi merek memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan konsumen sepeda motor merek Honda di
Yogyakarta.
Collections
- Management [4527]