Analisis Pengaruh Product Feature, Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen di Jakarta-Jakarta Fried Chicken Yogyakarta
Abstract
Perilaku konsumen merupakan hal yang kompleks dan diperlukan suatu cara
yang tepat agar dapat memberikan kepuasan kepada mereka. Konsumen adalah aset
bagi perusahaan, sehingga informasi mengenai apa yang menjadi kebutuhan dan
keinginan konsumen menjadi sangat penting terutama untuk membentuk loyalitas.
Penelitian berjudul "Analisis Pengaruh Product Feature, Pelayanan, dan Harga
terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen di Jakarta Jakarta Fried Chicken"
bertujuan untuk menjelaskan pengaruh product feature, pelayanan, dan harga
terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen, serta meneari variabel yang paling kuat
mempengaruhikepuasan dan loyalitaskonsumen.
Obyek yang diteliti adalah sebagian konsumen di atas 15 tahun yang sedang
mcmbeli di outlet Jakarta Jakarta Fried Chicken, sedangkan variabel yang diteliti
adalah product feature, pelayanan, dan harga. Data yang digunakan adalah data
primer melalui kuesioner atau angket yang disebarkan langsung kepada konsumen
yang sedang membeli produk Jakarta Jakarta Fried Chicken. Pengujian statistik
dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan tarafsigmfikansi 5%. Dalam
mengambil keputusan dilakukandenganuji t dan uji F.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji t dan uji F,
variabel product feature, pelayanan, dan harga secara serempak tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Secara parsial, hanya variabel
pelayanan dan harga yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Sedangkan
terhadap loyalitas konsumen, hanya variabel product feature dan harga yang
berpengaruh signifikan. Disamping itu, harga merupakan variabel yang berpengaruh
paling kuat terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen.
Collections
- Management [4527]