Analisis Kualitas Layanan pada Super Market Studi Kasus pada Super Market Mirota Kampus
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil studi kasus di Super Market Mirota
Kampus. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai kualitas layanan yang
diberikan oleh Super Market Mirota Kampus, apakah sudah memenuhi kepuasan
pelanggan/konsumennya, Sehingga dalam hal ini judul dari penelitian ini adalah
"ANALISIS KUALITAS LAYANAN PADA SUPER MARKET (STUDI KASUS
PADASUPERMARKET MIROTA KAMPUS)".
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat kepentingan konsumen
terhadap kualitas layanan Super Market Mirota Kampus, untuk mengetahui tingkat
kinerja kualitas layanan Super Market Mirota Kampus, untuk mengetahui tingkat
kepuasan konsumen Super Market Mirota Kampus, untuk mengetahui langkah-langkah
penyempurnaan kualitas layanan yang harus dilakukan Super Market Mirota Kampus.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dan sampel yang
diambil adalah sebanyak 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini
ada dua macam, yaitu variable independent dan variable dependen. Variabel independen
(bebas) dalam penelitian ini yang menyangkut kualitas pelayanan terdiri atas : nyata
(tangible), kehandalan (reliability), tanggapan (responsiveness), jaminan (assurance),
empati (emphaty). Sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan konsumen dalam
menggunakan jasa Super Market Miriota Kampus yang mengharapkan terpenuhinya
kebutuhan, harapan, dan keinginan dalam wujud kualitas pelayanan yang diterima untuk
mendapatkan kepuasan. Tingkat kepuasan dapat diketahui dengan cara membandingkan tingkat pelayanan yang dirasakan konsumen apakah telah sesuai dengan standar
pelayanan Super Market Mirota Kampus dengan yang diharapkan pelanggan.
Collections
- Management [4666]