dc.description.abstract | Perusahaan yang mampu bersaing dalam pasar adalah perusahaan yang
dapat menyediakan produk atau jasa berkualitas. Sehingga perusahaan dituntut
untuk terus melakukan beberapa perbaikan terutamapada kualitas pelayanannya.
Hal ini dimaksudkan agar seluruh barang atau jasa yang ditawarkan akan
mendapat tempat yang baik di mata masyarakat setaku konsumen dan colon
konsumen. Karena konsumen dalam memilih barang danjasa di dasari motivasi
yang nantinya mempengaruhi jenis, cita rasa barang dan jasa berkualitas yang
dibelinya.
Hotel Jayakarta sebagai salah satu alat pengusaha jasa yang termasuk
dalam usaha saranapariwisata. Hotel yang menyediakanfasilitas dan pelayanan
pelanggan penginapan, makan dan minum serta jasa-jasa lainnya. Untuk umum
yang tinggal untuk sementara waktu dan dikelola secara komersial. Pada garis
besarnya, perusahaan harus berusaha untuk mengetahui apa yang menjadi
kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dapat terpenuhi kalau perusahaan
memahami perilaku konsumen. Menyadari hal tersebut di atas, tampak betapa
pentingnya usaha pemahaman akan perilaku konsumen adalah sangat penting
untuk mencapai keberhasilan pemasaran.
Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi dan data didapat dari
penyebaran kuesioner langsung kepada konsumen atau dengan menggunakan
primary data, dimana terdapat lima dimensi yang akan diteliti yaitu: dimensi
tangibles, dimensi reliability, dimensi responsiveness, dimensi assurance, dan
dimensi assurance, Untuk melihat apakah pelayanan tersebut berkualitas dihitung
dengan menggunakan GAP, sedangkan untuk mencari pengaruh digunakan
regresi
Hasil dari penelitian ini adalah masih terdapat GAP yang negatifyang
artinya kualitas pelayanan yang ditawarkan oleh Hotel Jayakarta belum
berkualitas, karena tidak mampu memenuhi harapan konsumen, GAP terbesar
terdapat pada dimensi tangibles sedangkan yang terkecil terdapat pada dimensi
reliability. Berdasarkan analisis regresi diketahui bahwa pengaruh yang
signifikan terjadi hanya pada dimensi tangibles, reliability, dan emphaty,
sedangkan dimensi responsiveness dan assurance pengaruh yang terjadi tidak
signifikan. dimensi yang paling dominant mempengaruhi kepuasan konsumen
adalah dimensi emphaty dengan koefisien regresi sebesar 0,782, yang kedua
tangibles sebesar 0,657, danyang ketigaadalah reliability sebesar 0,575. | en_US |