dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor
pendapatan, pelayanan, selera, kebersihan, rekreasi, harga serta lokasi
berpengaruh terhadap perilaku konsumen pada warung lesehan nasi Gudeg di
Jalan Solo Yogyakarta, serta mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh
terhadap perilaku konsumen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
semua orang yang membeli pada warung lesehan nasi gudeg di sepanjang Jalan
Solo Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 96 responden yang dianggap telah
cukup mewakili populasi yang diteliti. Teknik penarikan sampel menggunakan
metode proporsive sampling yaitu tidak memasukkan responden yang masih
anak-anak, minimal telah melakukan pembelian nasi gudeg di warung lesehan
tersebut 3 kali.. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hipotesis pertama yang menyatakan
bahwa faktor pendapatan (XI), lokasi (X2), pelayanan (X3), selera (X4),
kebersihan (X5), rekreasi (X6) dan harga (X7), berpengaruh secara signifikan
terhadap perilaku konsumen pada warung lesehan nasi Gudeg di jalan Solo
Yogyakarta diterima. Artinya bila faktor pendapatan (XI), lokasi (X2), pelayanan
(X3), selera (X4), kebersihan (X5), rekreasi (X6) dan harga (X7) semakin
meningkat maka perilaku konsumen terhadap warung nasi Gudeg lesehan
sepanjang jalan Solo Yogyakarta, begitu pula sebaliknya. Hipotesis kedua yang
menyatakan bahwa variabel lokasi (X2), merupakan variabel yang paling dominan
berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen pada warung lesehan
nasi Gudeg sepanjang jalan Solo Yogyakarta dapat diterima, artinya lokasi
merupakan faktor yang paling menentukan seseorang untuk melakukan pembelian
pada warung lesehan nasi Gudeg di sepanjang jalan Solo Yogyakarta. | en_US |