dc.contributor.advisor | Al Hasin | |
dc.contributor.author | Kuntari Eka Sayekti | |
dc.date.accessioned | 2020-11-27T06:51:51Z | |
dc.date.available | 2020-11-27T06:51:51Z | |
dc.date.issued | 2006 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/123456789/25479 | |
dc.description.abstract | Pada masa sekarang ini persaingan di dunia bisnis semakin ketat, sehingga
menuntut perusahaan untuk lebih cermat lagi dalam menjalankan usahanya.
Salah satu cara yang tepat digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan
produk adalah melalui media promosi. Media promosi yang sering digunakan
adalah media periklanan dan media iklan televisi merupakan media yang paling
komplit digunakan, karena menggunanakan dua indra. Dua indra tersebut adalah
pendengaran dan penglihatan sehingga konsumen lebih mengingat produk.
Extra Joss adalah salah satu produk minuman suplemen yang menggunakan
media televisi untuk menawarkan produknya. Seiring dengan banyaknya
persaingan maka perusahaan harus dapat mengevaluasi strategi pemasarannya
yaitu dengan mengetahui sikap konsumen terhadap produk ini, sehingga loyalitas
konsumen akan tetap terjaga.
Dalam hal ini penulis mencoba meneliti bagaimana sikap konsumen
terhadap atribut iklan produk minuman Extra Joss di televisi dan variabel mana
yang paling dominan sehingga konsumen tertarik menyaksikan iklan dan
membeli produk Extra joss. Adapun peneiitian ini dilakukan di Desa Caturharjo,
Sleman, Yogyakarta dan atribut iklan yang diteliti adalah tema iklan, bintang
iklan, dialog iklan dan frekuensi iklan. Peneiitian ini dilakukan dengan
menggunakan alat analisis model Fishbein yaitu dengan mengalikan skor
keyakinan (believe) dengan skor evaluasi sehingga dapat diketahui sikap
konsumen terhadap obyek sekaligus dapat diketahui variabel mana yang paling
dominan.
Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa skor sikap
konsumen terhadap atribut iklan produk Extra Joss di televisi adalah positif dan
variabel yang paling dominan sehingga konsumen tertarik menyaksiksn iklan dan
kemudian membeli produk minuman Extra Joss adalah bintang iklan. Untuk itu
perusahaan harus mampu mempertahankan dan meningkatkan variabel tersebut
sehingga konsumen tetap loyal terhadap produk.Disamping itu perusahaan juga
harus meningkatkan variabel yang lain yaitu variabel tema iklan, dialog iklan dan
frekuensi iklan sehingga menjadi kekuatan kompetitifyang saling mendukung. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Analisis Sikap Konsumen | en_US |
dc.subject | Atribut Iklan Produk Minuman Extra Joss di Televisi | en_US |
dc.subject | Studi Kasus di Desa Caturharjo, Sleman, Yogyakarta | en_US |
dc.title | Analisis Sikap Konsumen terhadap Atribut Iklan Produk Minuman Extra Joss di Televisi (Studi Kasus di Desa Caturharjo, Sleman, Yogyakarta) | en_US |
dc.Identifier.NIM | 02311287 | |