Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Produk Jasa PT.PLN (Persero) Boyolali
Abstract
Kepuasan konsumen menjadi syarat mutlak bagi perusahaan, kepuasan konsumen
merupakan dasar bagi terjadinya pembelian ulang, loyalitas pelanggan, serta
referensi bagi konsumen lain. Kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan
seseorang setelah membandingkan kinerja / hasil yang di rasakan dengan
harapanya. Dalam penelitian ini kepuasan dipengaruhi oleh lima faktor/ drivers
yaitu produk, harga, kualitas pelayanan, faktor emosi dan kemudahan. Penelitian
ini akan melihat seberapa besar faktor - faktor/drivers ini mampu mempengaruhi
kepuasan pelanggan. Secara umum kami menyatakan bahwa semakin tinggi
tingkat kepuasan konsumen, menunjukan semakin tingginya kinerja yang
dilakukan perusahaan. Penelitian ini menunjukan bahwa dari tingkat kepuasan
konsumen terhadap drivers pemuas kebutuhan , konsumen telah merasa puas
terhadap jasa yang di berikan hal inidapat ditunjukan dengan indeks kepuasan
sebesar 4,17 . Dari hasil analisis tingkat kesesuaian tidak semua dimensi telah
memberikan kepuasan 100% bagi pelanggan, dengan tingkat kesesuaian yang
bervariasi diantara 83 % - 112%. Kepuasan konsumen dapat ditingkatkan seperti
fasilitas dan peralatan yang mutakhir,Peninjauan kembali tarif dasar listrik,
peningkatan sumber daya manusia agar karyawan dapat mengatasi keluhan yang
diajukan oleh pelanggan dan lain sebagainya.
Collections
- Management [4703]