Analisis Motivasi Konsumen Berbelanja di Swalayan Sri Lestari Klaten
Abstract
Keadaan perekonomian telah bergeser dari hanya menghasilkan barang untuk
kebutuhan sendiri menjadi usaha pemenuhan kebutuhan konsumen. Hal ini
diakibatkan karena melimpahnya barang yang dihasilkan sehingga orientasinya
ditujukan kepada konsumen sebagai penentu utama dalam pembelian dan
penggunaan produk
Oleh karena itu perusahaan akan mengarahkan kebijaksanaan pemasarannya
kearah pemenuhankebutuhan, keinginan, dan selera konsumen agar produknya dapat
selalu diterima, sehingga keberlangsungan hidup perusahaan akan terjamin.Oleh
karena itu kepuasan konsumen mempunyai arti yang sangat penting bagi
kelangsungan hidup perusahaan. Dalam kaitannya dengan kepuasan konsumen,
motivasi mempunyai peranan yang dominan terhadap pemenuhan kebutuhan
konsumen akan suatu produk maupun jasa. Swalayan merupakan salah satu sarana
bagi pemenuhan kebutuhan konsumen.Berkaitan dengan hal tersebut, kota Klaten
merupakan kota yang potensial bagi pengusaha swalayan-swalayan tak terkecuaU
Swalayan Sri Lestari.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut serta melihat
pentingnya motivasi konsumen untuk melakukan pembelian di swalayan, maka
penulis tertarik melakukan peneUtian untuk mengetahui motivasi konsumen
berbelanja di Swalayan Sri Lestari Klaten. Selain itu, penulis juga ingin memberikan
kontribusi yang mungkin dapat membantu Swalayan Sri Lestari dalam menganalisis
motivasi yang mendasari konsumen berbelanja di Swalayan Sri Lestari sehingga
dapat mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Oleh karena itu, penulis
tertarik melakukan penelitian dengan judul Anahsis Motivasi Konsumen Berbelanja
di Swalayan Sri Lestari Klaten.
Dalam peneUtian ini, penulis menggunakan metode interview (wawancara),
survey dengan menggunakan kuesioner dan observasi dengan mengambil 100
responden. Alat anaUsis yang digunakan yaitu uji validitas dan reUabiUtas serta
anova. PeneUtian ini ditinjau dari atribut motivasi konsumen yang terdiri dari harga,
produk, promosi, lokasi dan pelayanan.
Hasil peneUtian menunjukkan bahwa motivasi yang paling tinggi dalam
mempengarulii konsmnen untuk berbelanja di Swalayan Sri Lestari adalah produk
yang menempati urutan pertama. Dan secara berturut-turut yang mempengaruhi
adalah lokasi, harga, pelayanan, dan promosi.
Collections
- Management [4550]