Show simple item record

dc.contributor.authorArdiyanti, Lita
dc.date.accessioned2017-02-16T04:30:18Z
dc.date.available2017-02-16T04:30:18Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/2540
dc.description.abstractPendidikan agama tidak lepas dari tugas dan tanggung jawab guru agama Islam. Ia selain berusaha memindahkan ilmu pengetahuan, guru agama Islam juga harus bisa menanamkan nilai-nilai agama kepada anak didiknya agar bisa mengaitkan antara ajaran agama dan ilmu pengetahuan. Guru sangat berperan penting dalam memberikan motivasi anak didiknya supaya semangat dalam belajar, khususnya dalam membaca al Qur’an yang merupakan tuntunan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa dalam membaca al Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti motivasi belajar membaca al Qur’an. Penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling dengan subjek penelitian siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta dengan jumlah sampel 59 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 untuk menjawab rumusan masalah yang diajukan peneliti. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut. Terdapat pengaruh yang signifikan dari peran guru terhadap motivasi belajar siswa dalam membaca al Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III. Hal tersebut dibuktikan dari besarnya Fhitung yang lebih besar dari Ftabel, dimana Fhitung = 12.477> Ftabel 6.97 dan Pvalue 0.000<0,05 (1%). Besarnya pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa dalam membaca al Qur’an Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III sebesar 18% dalam pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa dalam membaca al Qur’an Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III yang dibuktikan dengan besarnya nilai R Square, yaitu sebesar 18%en_US
dc.publisherUIIen_US
dc.relation.ispartofseriesTugas Akhir;
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.subjectMembaca Al Qur’anen_US
dc.titlePengaruh Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Membaca Al Qur’an Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta IIIen_US
dc.title.alternativeThe influence of the teacher’s role to students’ motivation in learning reading Quran at class X the state of Islamic Senior high school (MAN) Yogyakarta IIIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record