Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Amir
dc.date.accessioned2017-02-16T04:05:09Z
dc.date.available2017-02-16T04:05:09Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/2535
dc.description.abstractKekuatan otak sebagai sumber pola pikir seorang manusia sesungguhnya sangat ditentukan oleh seberapa besar otak tersebut dikembangkan secara maksimal sedari ia masih kanak-kanak. Dan pola pikir itu sendiri terbentuk dan bisa bekerja dengan tanggap apabila seorang anak memiliki panca indra yang masing-masing dapat bekerja dengan baik. Namun kalau kita melihat secara umum materi pelajaran dan kurikulum pada Sekolah Dasar (SD), maka terlihat bahwa peran sekolah dalam memberdayakan kemampuan otak dan panca indra anak seringkali dilewatkan begitu saja dan lebih banyak diisi oleh pelajaran-pelajaran yang terkesan diktator dan pemaksaan seperti umumnya. Sehingga akibatnya anak cenderung memiliki kepekaan fungsional panca indra yang lemah dan kemudian berdampak pada matinya kreatifitas otak. Untuk itulah sebenarnya sangat dibutuhkan suatu lembaga pendidikan yang mampu mengatasi masalah tersebut. Lembaga tersebut adalah lembaga pendidikan pra sekolah yang biasanya disebut sebagai Taman bermain yang terdiri dari PlayGroup dan Taman Kanak-Kanak yang kemudian dijadikan dasar pemikiran sebagai judul Tugas Akhir saya. Permasalahan yang dihadapi kemudian adalah bagaimana sebenarnya lembaga tersebut dapat meningkatkan kemampuan otak dan panca indra para murid-muridnya. Karena tentu saja setiap jenis pancaindra memiliki kemampuan tanggapan terhadap masing-masing hal yang berbeda sesuai fungsinya. Langkah yang diambil untuk menyelesaikannya adalah dengan mempelajari tiap spesifikasi panca indra tersebut beserta hal-hal apa saja yang mampu mempengaruhi peningkatan kemampuan panca indra tesebut. Setelah didapat, maka kemudian barulah hal-hal yang berpengaruh tersebut dituangkan kedalam elemen-elemen arsitektural maupun non-arsitektural kedalam bangunan sebagai wadah bersekolah dan bermain para murid-muridnya. Diharapkan pada akhirnya tiap-tiap anak memiliki kepekaan panca indra yang mampu meningkatkan kemampuan pola-pikirnya sehingga dikemudian hari dia dapat menyesesuaikan segala perubahan dilingkungannya dengan cara yang positif.en_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectFasilitas Pendidikanen_US
dc.subjectPra-Sekolah di Slemanen_US
dc.subjectPemberdayaan Panca Indra Anaken_US
dc.subjectProses Belajaren_US
dc.titleFasilitas Pendidikan Pra-Sekolah di Sleman: Pemberdayaan Panca Indra Anak dalam Proses Belajaren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record